Kompas.com - 23/07/2021, 13:03 WIB
Jamur Candida auris, jamur superbug di rumah sakit dan panti jompo di Amerika Serikat. Shawn Lockhart/CDC via AP/MEDICAL XPRESSJamur Candida auris, jamur superbug di rumah sakit dan panti jompo di Amerika Serikat.


KOMPAS.com - Pejabat kesehatan Amerika Serikat mengungkapkan adanya penyebaran jamur superbug di dua rumah sakit dan panti jompo, di dua kota di negara ini.

Wabah superbug, seperti dilansir dari Medical Xpress, Jumat (23/7/2021), dilaporkan menyebar di panti jompo di Washington DC, dan di dua rumah sakit di wilayah Dallas.

Laporan itu disampaikan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC). Sejumlah pasien mengalami jamur yang invasif yang kebal terhadap tiga kelas obat utama.

"Ini benar-benar pertama kalinya kami mulai melihat pengelompokan resistensi, di mana pasien tampaknya mendapatkan infeksi dari satu sama lain," kata Dr. Meghan Lyman dari CDC.

Jamur Candida auris adalah bentuk jamur yang berbahaya yang dianggap dapat membahayakan kesehatan pasien di rumah sakit dan panti jompo. Jamur parasit ini dapat menyebabkan masalah medis yang serius.

Baca juga: Gejala dan Bahaya Infeksi Jamur Hitam Mukormikosis pada Pasien Covid-19

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Akibat yang paling mematikan dari infeksi jamur superbug yang ditemukan menyebar di rumah sakit dan panti jompo di Amerika Serikat tersebut adalah saat jamur ini memasuki aliran darah, jantung atau otak.

Wabah jamur ini di fasilitas kesehatan telah dipicu oleh penyebaran dari kontak pasien atau permukaan yang terkontaminasi.

Pejabat kesehatan telah memberikan peringatan selama bertahun-tahun tentang superbug setelah melihat infeksi di mana obat-obatan yang biasa digunakan untuk mengobati infeksi jamur ini hanya memiliki efek kecil.

Pada tahun 2019, dokter mendiagnosis tiga kasus jamur superbug yang invasif menyebar di rumah sakit di New York, Amerika Serikat. Infeksi jamur ini juga resisten atau kebal terhadap kelas obat tertentu, yakni echinocandins.

Baca juga: Covid-19 Bisa Sebabkan Munculnya Jamur Super di Brasil, Ini Kata Ilmuwan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.