Kompas.com - 23/07/2021, 09:03 WIB
Ilustrasi covid varian delta ShutterstockIlustrasi covid varian delta


KOMPAS.com - Varian Delta telah membawa malapetakan bagi dunia. Sebab, varian ini jauh lebih menular jika dibandingkan dengan varian virus corona lainnya.

Lonjakan kasus Covid-19 di seluruh dunia, termasuk di Amerika Serikat, bahkan ditengarai dipicu oleh penyebaran varian Delta yang sangat cepat.

Tak hanya menyebabkan angka kesakitan yang meningkat, tetapi juga angka kematian akibat Covid-19 semakin tinggi.

Para pakar kesehatan di seluruh dunia pun sepakat, bahwa faktor kunci dari gelombang Covid-19 saat ini adalah varian Delta yang sangat menular.

Dilansir dari CNN, Jumat (23/7/2021), penyebaran varian Delta sekitar 55 persen lebih cepat dibandingkan galur virus corona varian Alpha, yang pertama kali teridentifikasi di Kent, Inggris pada akhir tahun 2020.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), galur virus corona varian Alpha ini, 50 persen lebih menular dibandingkan versi virus corona awal yang pertama kali menginfeksi orang di akhir tahun 2019.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Varian Delta Lebih Menular dan Berbahaya dari Virus Corona Dominan

 

Lantas, mengapa varian Delta lebih menular daripada varian virus corona lain?

Varian Delta adalah varian virus corona yang pertama kali teridentifikasi di India pada Desember 2020. Strain virus SARS-CoV-2 ini dengan cepat menjadi varian dominan dan menyebabkan kekacauan di negara tersebut.

"Ini adalah versi virus paling menular yang pernah kita lihat selama pandemi ini. Ini benar-benar sangat menular," kata Ashish Jha, dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Brown.

Di Amerika Serikat, varian Covid Delta telah menjadi varian dominan, sejak terdeteksi pertama kali pada Maret lalu. Pada Juli ini, kasus Covid-19 varian Delta telah mencakup lebih dari setengah kasus yang diuji di negara tersebut.

Menurut CDC, saat ini, Covid-19 varian Delta yang lebih menular ini telah mencakup 83 persen kasus Covid-19 di Amerika Serikat.

Baca juga: Varian Delta Lebih Menular dan Bisa Kelabui Sistem Kekebalan, Ini Penyebabnya

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.