Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang Tua Harus Tahu Gejala dan Strategi Bantu Anak Menghadapi Stress

Kompas.com - 17/07/2021, 19:33 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada kesehatan psikologis setiap orang, dan menimbulkan reaksi stres. Stres itu juga dialami oleh kelompok usia anak-anak, dan orang tua juga harus mengetahui gejala dan strategi untuk bantu anak menghadapinya.

Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Konsultan Psikiatri Anak dan Remaja RS Pondok Indah, Bintaro Jaya, dr Anggia Hapsari Sp.KJ(K) mengatakan, banyak persoalan yang bisa membuat kita termasuk anak-anak mengalami stres.

Salah satu penyebab anak stres adalah dengan adanya perubahan pola pembelajaran yang biasanya tatap muka langsung di sekolah bersama dengan guru dan teman-teman, sekarang hampir satu tahun harus melakukan pembelajaran jarak jauh dan secara daring (online).

"Pembelajaran jarak jauh menjadi masalah pada masa pandemi Covid-19, yang bisa membuat anak-anak merasa stres. Di samping dengan permasalahan lainnya tentunya," kata Anggia dalam diskusi daring bertajuk Kesehatan Mental Anak dan Remaja di masa Pandemi, Selasa (29/6/2021).

Baca juga: Anak Stres Belajar Daring? Ini Saran Psikolog untuk Mencegahnya

 

Tidak hanya pembelajaran jarak jauh, ada beberapa masalah pada pandemi Covid-19 yang bisa membuat stres pada anak. Orang tua harus tahu apa saja gejala stres pada anak, seperti berikut:

  • Ketidakpastian (kondisi, keadaan, keuangan, kesehatan dan lain sebagainya)
  • Tidak berdaya 
  • Penarikan sosial (harus menjaga jarak dan kerumunan dengan orang lain)
  • Kesepian
  • Karantina
  • Cemas kesehatan diri dan keluarga
  • Rutinitas yang berubah dan cenderung jadi sering di ruma saja
  • Perubahan pola asuh pada anak
  • Insekuritas sosial ekonomi
  • Kekerasan dalam rumah tangga

Adapun, akibat pandemi Covid-19 ini dikhawatirkan akan ada gelombang pandemi yang mempengaruhi kesehatan mental anak. Oleh sebab itu, para orang tua harus tahu dan memahami gejala dan strategi yang bisa dilakukan untuk membantu anak menghadapi stres.

"Krisis kesehatan mental anak-anak bisa menjadi gelombang berikutnya di masa pandemi (Covid-19) ini," ujar Anggia menjelaskan alasan orang tua harus tahu tentang gejala stres pada anak.

Baca juga: Stres Rawat Anak yang Sakit? 3 Hal Ini dapat Membantu Anda

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com