Kompas.com - 17/07/2021, 17:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Studi baru yang dilakukan ilmuwan NASA menemukan fenomena siklus Bulan dan perubahan iklim bisa menjadi penyebab bencana ganda yakni banjir besar di Bumi dalam beberapa dekade mendatang.

Dalam studi tersebut, peneliti menemukan adanya gelombang pasang yang lebih tinggi, ditambah kenaikan permukaan laut yang akan menyebabkan banjir dramatis di sepanjang garis pantai di Amerika Serikat.

Dilansir dari Washington Post, Sabtu (17/7/2021), pada pertenganan tahun 2030-an, para ilmuwan memproyeksikan bahwa kemungkinan ada peningkatan frekuensi banjir pasang dengan cepat di beberapa negara bagian.

Temuan ini dilaporkan sekelompok ilmuwan NASA Sea Level Change Team, yang diterbitkan bulan lalu di jurnal Nature Climate Change di University of Hawaii.

"Kita akan mengalami semacam pukulan ganda," kata William Sweet, ahli kelautan di National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) dan penulis studi tersebut, Rabu (14/7/2021).

"Ini berarti bahwa masyarakat pesisir, kecuali mereka beradaptasi dan membentengi, kemungkinan besar akan mengalami banjir yang lebih besar daripada yang mungkin terjadi," imbuh Sweet.