Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Covid-19 di India Membuat Banyak Jenazah Penuhi Tepi Sungai Gangga

Kompas.com - 12/05/2021, 12:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Editor

Sumber ABC

KOMPAS.com- Varian Covid-19 India semakin mengganas. Penampakan jenazah penuhi tepi Sungai Gangga, menunjukkan tingginya angka kematian di negara ini.

Puluhan jenazah yang diduga korban Covid-19, seperti dikutip dari ABC, Rabu (12/5/2021), terlihat berada di sepanjang tepi Sungai Gangga di India utara.

Pandemi virus corona di negara ini semakin menyebar dengan cepat hingga ke pedalaman pedesaan di India. Akibatnya, tak hanya fasilitas layanan kesehatan seperti rumah sakit saja yang kewalahan, tetapi juga layanan krematorium dan tempat pemakaman.

Ashok Kumar, pejabat lokal mengatakan bahwa ada sekitar 40 mayat ditemukan di kawasan Buxar, dekat perbatasan antara Bihar dan Uttar Pradesh, yakni dua negara bagian yang termiskin di India.

Baca juga: Bahaya Mukormikosis, Infeksi Jamur Hitam yang Dialami Pasien Covid-19 di India

 

"Kami telah mengarahkan pejabat untuk menangani jenazah-jenazah yang ada ada, baik dengan cara menguburkannya atau mengkremasinya," kata Ashok.

Ashok mengungkapkan bahwa beberapa jenazah di antaranya dalam keadaan membengkak, ada pula mayat yang terbakar hanya sebagian, dan tampaknya sudah berada di sungai selama beberapa hari.

Penduduk setempat mengatakan bahwa jenazah-jenazah tersebut dibuang ke sungai karena layanan kremasi sudah tidak lagi mampu menampungnya, atau keluarga tidak mampu membeli kayu untuk upacara kremasi.

Menurut laporan yang ada, total ada 100 jenazah yang ditemukan di pinggir sungai di Buxar serta daerah terdekat. Sedikitnya, India mencatatkan 4.000 kematian akibat Covid-19 setiap harinya. Jumlah kematian total telah mencapai hampir 250.000 kasus.

Baca juga: Fakta Covid-19 di India, Seperti Apa Kondisi Pandemi di Negara Ini?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com