Kompas.com - 12/05/2021, 07:31 WIB
Ilustrasi kopi pixabayIlustrasi kopi

KOMPAS.com - Jika Anda tidak bisa menjalani hari tanpa kopi, tenang saja. Kopi memiliki segudang manfaat bagi tubuh Anda. Tapi ada pepatah bilang bahwa segala yang berlebihan itu tidak baik. Begitu juga kopi, jika Anda mengonsumsinya berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan.

Berapa batas aman konsumsi kopi

Dilansir dari Johns Hopkins Medicine, batas aman kafein sehari adalah sekitar 400 miligram kafein. Ini setara dengan empat cangkir kopi. Ingat juga bahwa kafein terkandung pula di dalam minuman berenergi. Berhati-hati jika Anda meminumnya disamping kopi. 400 miligram kafein setara dengan dua botol minuman berenergi.

Baca juga: 12 Manfaat Minum Kopi, Bisa Membuat Panjang Umur

Khusus wanita yang berusaha hamil, sedang hamil, dan menyusui harus berkonsultasi dengan dokter untuk membatasi asupan kafein hariannya. Biasanya konsumsi kafein akan dibatasi tidak lebih dari 200 miligram sehari.

Meminum kopi lebih dari 3 cangkir sehari pada ibu hamil meningkatkan resiko keguguran, kelahiran prematur, dan berat badan lahir rendah (BBLR).

Efek kebanyakan minum kopi

Setiap orang memberi respon yang berbeda terhadap kafein. Ini karena faktor genetik, umur, berat badan, dan kesehatan hati.

Terlalu banyak meminum kopi bisa menimbulkan efek yang kurang baik terhadap tubuh Anda. Gejala ringan yang mungkin pertama terjadi adalah berkeringat, mual, muntah, diare, dan cemas.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anda mungkin mengalami sakit kepala, insomnia, jantung berdebar, mudah marah, buang air kecil terlalu banyak, atau otot tremor. Gejala ini biasanya bagi orang yang sudah terbiasa meminum banyak kopi.

Pada sebagian kecil orang yang tidak terbiasa minum kopi, minum kopi sedikit saja sudah bisa mengganggu Anda.Anda mungkin mengalami gangguan tidur.

Anda mungkin meminum kopi agar tidak mengantuk pada siang hari di kantor, namun jika dikonsumsi terlalu banyak, Anda juga bisa tetap terjaga di malam hari. Ini akan membuat pola tidur Anda berantakan dan Anda tidak akan merasa bugar saat bangun tidur.

Selain itu, konsumsi kafein pada orang dengan gangguan kesehatan mental seperti gangguan kecemasan dan bipolar, bisa memberparah manifesasi gangguannya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X