Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Sebut Melihat Pesut Mahakam Fenomena Langka, Bagaimana Populasinya?

Kompas.com - 23/07/2020, 09:01 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Kemunculan sekawanan pesut terekam sedang asik berlompatan di air Sungai Mahakam, Kalimantan Timur menjadi ramai diperbincangkan.

Kejadian ini pun dianggap sebagai fenomena langka oleh masyarakat setempat.

Video yang berdurasi 0,54 detik pada Senin (20/7/2020), itu lantas viral setelah Syariful Bahri membagikannya dalam akun Twitter-nya @BahriBpp.

"Kejadian yg skrg sangat langka d sungai Mahakam," tulis @BahriBpp dalam unggahannya yang sudah di re-tweet oleh 22.900 pengguna lain hingga Rabu (22/7/2020).

Baca juga: Jangan Tertukar Lagi, Ini Beda Dugong, Pesut dan Lumba-lumba

Kendati demikian, fenomena ini tidak dianggap sebagai fenomena langka oleh peneliti mamalia laut di Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Rr Sekar Mira CH SSi MApp Sc.

"Sebenarnya pesut ini memang familiar di daerah pesisir dan daerah sungai. Jadi sangat wajar (masyarakat) melihatnya karena masih di pesisir, bukan wilayah yang aneh," kata Mira kepada Kompas.com, Selasa (21/7/2020).

Pesut Mahakam merupakan mamalia air yang masuk ke dalam ordo Cetacea dan famili Delphinadae. Ini merupakan satu ordo dengan lumba-lumba yang umumnya diketahui oleh masyarakat.

Pesut makaham tertangkap kamera saat berada di perairan Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Dok. RASI Pesut makaham tertangkap kamera saat berada di perairan Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

Baca juga: Ramai Hewan Air Muncul di Sungai Mahakam, Benarkah Pesut Mahakam?

Selain fisiknya yang hampir serupa karena memiliki sirip punggung, lubang napasnya yang ada satu di atas kepala, pesut juga ternyata memiliki kebiasaan perilaku yang suka berloncatan di permukaan air seperti yang dilakukan lumba-lumba.

Lantas, apakah artinya Pesut Mahakam adalah lumba-lumba air?

Dijelaskan juga oleh Dosen Ilmu dan Teknologi Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB), Adriani Sunuddin, karena masih dalam satu orde yang sama, maka secara praktis bisa saja Pesut Mahakam disebut dengan lumba-lumba sungai.

"Namun, sebetulnya Pesut Mahakam adalah mamalia air yang hidup di estuaria," kata Adriani yang akrab disapa Nani ini kepada Kompas.com.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com