Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Hewan Air Muncul di Sungai Mahakam, Benarkah Pesut Mahakam?

Kompas.com - 22/07/2020, 11:25 WIB
Ellyvon Pranita,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kemunculan segerombol pesut yang terekam di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur, ramai diperbincangkan di media sosial seperti Twitter. Hal ini pun dianggap sebagai fenomena langka oleh masyarakat.

Hal itu seperti disampaikan Syariful Bahri dalam akun Twitter-nya @BahriBpp, saat dia mengunggah video berdurasi 0,54 detik pada Senin (20/7/2020).

"Kejadian yg skrg sangat langka di sungai Mahakam," tulis @BahriBpp dalam unggahannya yang sudah di-retweet oleh 22.900 pengguna lain hingga Rabu (22/7/2020) siang.

Lantas benarkah hewan air yang berada di dalam video tersebut adalah pesut mahakam?

Baca juga: Ramai soal Pesut Mahakam di Twitter, Apa Bedanya dengan Lumba-lumba?

Berdasarkan analisis melalui video yang beredar, peneliti mamalia laut di Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI), Rr Sekar Mira CH SSi MApp Sc, membenarkan bahwa hewan air yang tertangkap kamera memang pesut mahakam.

Pesut mahakam juga dikenal dengan nama Irrawaddy dholphin.

Hewan air yang satu ini termasuk ke dalam ordo Cetacea dan famili Delphinidae.

"Sebenarnya pesut ini memang familiar di derah pesisir dan daerah sungai. Jadi, sangat wajar (masyarakat) melihatnya karena masih di pesisir, bukan wilayah yang aneh," kata Mira kepada Kompas.com, Selasa (21/7/2020).

Mira mengatakan, kemungkinan besar masyarakat menganggap bahwa kejadian ini langka karena semakin terancamnya populasi pesut di sekitar Sungai Mahakam itu sendiri.

Saat ini, pesut di sekitar Sungai Mahakam dan pesisir wilayah Kalimantan Timur memiliki semacam kelompok atau terpisah teritorialnya.

Para peneliti pun sedang melakukan penelitian lebih lanjut untuk mempelajari pesut mahakam, misalnya soal molekuler, morfologi fisik, dan termasuk apakah pesut yang biasanya di pesisir sudah mulai memasuki wilayah sekitar sungai.

Pesut mahakam saat bermain di perairan sungai mahakam, Kaltim.Dok Yayasan Konservasi Rare Aquatis Species of Indonesia (RASI). Pesut mahakam saat bermain di perairan sungai mahakam, Kaltim.

Baca juga: Spesies Baru Ikan Lele Ditemukan di Sungai Mahakam

"Apakah terjadi pergeseran habitat, itu perlu dikaji lagi," ujarnya.

Ahli memperkirakan, ada banyak faktor lingkungan yang memengaruhi populasi dan perilaku pesut di Sungai Mahakam ini.

Selain di Sungai Mahakam, pesut ini masih bisa dijumpai di perairan sekitar wilayah Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Jawa, Sumatera, dan Papua.

Dalam daftar International Union for Conservation of Nature (IUCN) atau Uni Internasional untuk Konservasi Alam, pesut mahakam masuk kategori critically endangered atau kritis.

Mira menyebutkan, populasi pesut ini Sungai Mahakam menyisakan sekitar 80 ekor saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com