Ramai Hewan Air Muncul di Sungai Mahakam, Benarkah Pesut Mahakam?

Kompas.com - 22/07/2020, 11:25 WIB
Pesut makaham tertangkap kamera saat berada di perairan Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Dok. RASIPesut makaham tertangkap kamera saat berada di perairan Sungai Mahakam, Kalimantan Timur.

KOMPAS.com - Kemunculan segerombol pesut yang terekam di Sungai Mahakam, Kalimantan Timur, ramai diperbincangkan di media sosial seperti Twitter. Hal ini pun dianggap sebagai fenomena langka oleh masyarakat.

Hal itu seperti disampaikan Syariful Bahri dalam akun Twitter-nya @BahriBpp, saat dia mengunggah video berdurasi 0,54 detik pada Senin (20/7/2020).

"Kejadian yg skrg sangat langka di sungai Mahakam," tulis @BahriBpp dalam unggahannya yang sudah di-retweet oleh 22.900 pengguna lain hingga Rabu (22/7/2020) siang.

Lantas benarkah hewan air yang berada di dalam video tersebut adalah pesut mahakam?

Baca juga: Ramai soal Pesut Mahakam di Twitter, Apa Bedanya dengan Lumba-lumba?

Berdasarkan analisis melalui video yang beredar, peneliti mamalia laut di Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI), Rr Sekar Mira CH SSi MApp Sc, membenarkan bahwa hewan air yang tertangkap kamera memang pesut mahakam.

Pesut mahakam juga dikenal dengan nama Irrawaddy dholphin.

Hewan air yang satu ini termasuk ke dalam ordo Cetacea dan famili Delphinidae.

"Sebenarnya pesut ini memang familiar di derah pesisir dan daerah sungai. Jadi, sangat wajar (masyarakat) melihatnya karena masih di pesisir, bukan wilayah yang aneh," kata Mira kepada Kompas.com, Selasa (21/7/2020).

Mira mengatakan, kemungkinan besar masyarakat menganggap bahwa kejadian ini langka karena semakin terancamnya populasi pesut di sekitar Sungai Mahakam itu sendiri.

Saat ini, pesut di sekitar Sungai Mahakam dan pesisir wilayah Kalimantan Timur memiliki semacam kelompok atau terpisah teritorialnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X