Perlindungan Ekstra dari Virus Corona, Apa itu Gargle dengan PVP-I dan Manfaatnya?

Kompas.com - 09/07/2020, 16:00 WIB
llustrasi berkumur gargle dengan menengadah ke atas untuk membersihkan tenggorokan. Manfaat gargle dengan antiseptik mengandung Povidone-iodine (PVP-I) telah terbukti efektif bunuh virus corona, SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. SHUTTERSTOCK/Aleksey Kurguzovllustrasi berkumur gargle dengan menengadah ke atas untuk membersihkan tenggorokan. Manfaat gargle dengan antiseptik mengandung Povidone-iodine (PVP-I) telah terbukti efektif bunuh virus corona, SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.


KOMPAS.com - Perlindungan ekstra di masa pandemi virus corona sangat diperlukan. Tidak cukup hanya dengan mematuhi protokol kesehatan yang tepat.

Sebab, perlindungan kesehatan diri, terutama kebersihan mulut juga sama pentingnya untuk mencegah infeksi saluran pernapasan, maupun di masa pandemi Covid-19 saat ini.

Banyak ahli medis yang telah merekomendasikan penggunaan obat kumur antiseptik untuk melindungi dan menjaga kesehatan mulut, terutama rongga mulut. Tak cukup berkumur, tetapi juga gargle atau gargling untuk membersihkan bagian dalam tenggorokan.

Baca juga: Virus Corona Menyebar di Udara, Partikel Aerosol Covid-19 seperti Asap Rokok

Lantas, apa itu gargle dan seperti apa manfaatnya bagi kesehatan rongga mulut?

Medical Dictionary menjelaskan gargle adalah cara membilas atau membersihkan mulut dan tenggorokan.

Caranya, dengan menekan udara yang dihembuskan melalui cairan yang ditahan di bagian belakang mulut, dengan kepala mendongak yang bertujuan untuk membersihkan atau mengobati infeksi pada mulut dan tenggorokan.

SATGAS Covid-19 PB PDGI, Prof. drg. Rahmi Amtha, MDS,Sp.PM, PhD mengatakan pencegahan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) masih menjadi masalah utama bagi kesehatan masyarakat.

Ilustrasi penggunaan obat kumur setelah sikat gigi, untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Ilustrasi penggunaan obat kumur setelah sikat gigi, untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Baca juga: Virus Corona: Ilmuwan Ingatkan Lagi, Jangan Keluar Rumah Tanpa Penutup Wajah

Oleh karena itu, penting untuk menjaga higiene atau kebersihan rongga mulut, salah satunya dengan gargle terutama di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Berbagai penelitian dan jurnal ilmiah telah menunjukkan bukti manfaat gargle bagi kebersihan rongga mulut," kata Prof Rahmi, Rabu (8/7/2020).

Gargling juga dapat menjadi kebiasaan baru yang dapat dilakukan saat era new normal, memberi perlindungan ekstra dari infeksi virus corona SARS-CoV-2, berikut manfaat gargle bagi kesehatan mulut.

  1. Gargle dengan air biasa pada orang sehat dapat menurunkan potensi terkena ISPA hingga 36 persen.
  2. Gargle dengan air keran, teh hijau, atau air fungsional lainnya, bisa menurunkan demam pada anak.
  3. Gargle jadi cara efektif untuk meningkatkan higiene tenggorokan pada anak-anak, sehingga di Jepang dijadikan panduan untuk mencegah pandemi influenza pada anak.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X