Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Temukan Material seperti Gel di Bulan, Apa Itu?

Kompas.com - 09/07/2020, 12:03 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

Sumber space.com

KOMPAS.com – Tahun lalu, para ilmuwan menemukan material aneh di area terpencil Bulan. Material tersebut memiliki tekstur seprti gel, dan ditemukan oleh rover Yutu 2 milik China.

Material tersebut ditemukan oleh Yutu 2 pada Juli 2019, tepatnya pada hari ke-8 misi tersebut dimulai. Eksplorasi Yutu 2 merupakan bagian dari misi Chang’e 4 untuk menjelajahi area terpencil pada Bulan.

Saat dipublikasikan pada jurnal berbahasa mandarin Our Space, ditulis bahwa material tersebut jiao zhuang wu alias berbentuk seperti gel. Banyak ilmuwan dan astronom yang tertarik dengan penemuan tersebut.

Baca juga: 3 Fenomena Langit Malam Ini, Salah Satunya Gerhana Bulan Penumbra

Mengutip Space.com, para ilmuwan kemudian menganalisis data dari gambar panorama yang diambil oleh Yutu 2 serta instrument Visible and Near-Infrared Spectrometer (VNIS).

Para ilmuwan melakukan prosedur bernama spectral unmixing untuk mengetahui komposisi material tersebut. Mereka menemukan bahwa material tersebut berwarna agak kehijauan dengan ukuran 52 x 16 sentimeter.

Akhirnya, dalam jurnal Earth and Planetary Sciences, para ilmuwan mendeskripsikan substansi tersebut sebagai “dark greenish and glistering impact melt breccia”.

Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Mengapa Bulan Purnama Pengaruhi Gelombang Pasang di Lautan?

Impact melt breccia adalah tipe bebatuan yang terbentuk akibat tubrukan asteroid dengan permukaan Bulan.

Material yang sama ditemukan sebelumnya dalam misi Apollo milik NASA. Salah satu sampel dikumpulkan oleh astronot Harrison “Jack” Schmitt, berbentuk pecahan-pecahan mineral berwarna hitam dan bersinar seperti kaca.

Saat ini, rover Yutu 2 tengah bersiap untuk eksplorasi selanjutnya yang akan dimulai pada 14 Juli mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com