Ilmuwan Temukan Material seperti Gel di Bulan, Apa Itu?

Kompas.com - 09/07/2020, 12:03 WIB
Material seperti gel ditemukan di Bulan CNSA/CLEPMaterial seperti gel ditemukan di Bulan

KOMPAS.com – Tahun lalu, para ilmuwan menemukan material aneh di area terpencil Bulan. Material tersebut memiliki tekstur seprti gel, dan ditemukan oleh rover Yutu 2 milik China.

Material tersebut ditemukan oleh Yutu 2 pada Juli 2019, tepatnya pada hari ke-8 misi tersebut dimulai. Eksplorasi Yutu 2 merupakan bagian dari misi Chang’e 4 untuk menjelajahi area terpencil pada Bulan.

Saat dipublikasikan pada jurnal berbahasa mandarin Our Space, ditulis bahwa material tersebut jiao zhuang wu alias berbentuk seperti gel. Banyak ilmuwan dan astronom yang tertarik dengan penemuan tersebut.

Baca juga: 3 Fenomena Langit Malam Ini, Salah Satunya Gerhana Bulan Penumbra

Mengutip Space.com, para ilmuwan kemudian menganalisis data dari gambar panorama yang diambil oleh Yutu 2 serta instrument Visible and Near-Infrared Spectrometer (VNIS).

Para ilmuwan melakukan prosedur bernama spectral unmixing untuk mengetahui komposisi material tersebut. Mereka menemukan bahwa material tersebut berwarna agak kehijauan dengan ukuran 52 x 16 sentimeter.

Akhirnya, dalam jurnal Earth and Planetary Sciences, para ilmuwan mendeskripsikan substansi tersebut sebagai “dark greenish and glistering impact melt breccia”.

Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Mengapa Bulan Purnama Pengaruhi Gelombang Pasang di Lautan?

Impact melt breccia adalah tipe bebatuan yang terbentuk akibat tubrukan asteroid dengan permukaan Bulan.

Material yang sama ditemukan sebelumnya dalam misi Apollo milik NASA. Salah satu sampel dikumpulkan oleh astronot Harrison “Jack” Schmitt, berbentuk pecahan-pecahan mineral berwarna hitam dan bersinar seperti kaca.

Saat ini, rover Yutu 2 tengah bersiap untuk eksplorasi selanjutnya yang akan dimulai pada 14 Juli mendatang.


Sumber space.com
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X