Hingga Besok, Waspada Cuaca Ekstrem di Wilayah Indonesia Berikut

Kompas.com - 09/07/2020, 09:00 WIB
Ilustrasi petir saat badai. SHUTTERSTOCKIlustrasi petir saat badai.

KOMPAS.com - Masyarakat di sejumlah wilayah di Indonesia harus waspada akan potensi cuaca ekstrem hingga esok hari ke depan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) memprediksi kemungkinan potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai angin kencang serta kilat atau petir, hari ini dan besok, 9-10 Juli 2020.

Deputi Bidang Klimatologi BMKG, Drs Herizal MSi menyebutkan dalam keterangan tertulisnya bahwa kondisi cuaca ekstrem hari ini dan besok hari ke depan itu terjadi akibat berbagai kondisi atmosfer.

Baca juga: Belajar dari India, Kenali 6 Indikasi Cuaca Ekstrem di Indonesia

Pertama, intrusi udara kering dari Belahan Bumi Utara (BBU) melintasi wilayah Samudera Pasifik Udara Papua.

"Keadaan ini menyebabkan daerah di depan muka intrusi kondisi udara menjadi lebih lembab," kata Herizal.

Pertama, massa udara basah di lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar wilayah Indonesia kecuali di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Tengah, Maluku Utara, dan Maluku.

Oleh sebab itu, ada sekitar 17 daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang hingga kuat.

Terdapat daerah tekanan rendah di Samudera Hindia Barat Daya Sumatera serta sirkulasi siklonik di Samudera Hindia Selatan Jawa Timur.

Berikutnya, konvergensi atau pertemuan angin yang memanjang dari Sumatera barat hingga Bengkulu, di Laut Timor.

Serta, daerah belokan angin terdapat di Sumatera Bagian Tengah, Kalimantan, Sulawesi Tengah, Maluku Utara dan Samudra Pasifik Utara Papua.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X