Povidone-Iodine Bunuh SARS-CoV-2, Bagaimana Mekanismenya Cegah Covid-19?

Kompas.com - 08/07/2020, 19:32 WIB
Ilustrasi berkumur dengan menengadah ke atas untuk membersihkan tenggorokan. Berkumur hingga tenggorokan dengan obat kumur antiseptik mengandung Povidone-iodine dapat efektif membunuh virus corona SARS-CoV-2. SHUTTERSTOCK/Aleksey KurguzovIlustrasi berkumur dengan menengadah ke atas untuk membersihkan tenggorokan. Berkumur hingga tenggorokan dengan obat kumur antiseptik mengandung Povidone-iodine dapat efektif membunuh virus corona SARS-CoV-2.


KOMPAS.com - Antiseptik yang mengandung Povidone-Iodine ( PVP-I) telah dibuktikan para peneliti, dapat membunuh virus corona baru, SARS-CoV-2 yang tengah mewabah.

Dalam Virtual Media Briefing, Update Terkini Studi In Vitro BETADINE® (PVP-I) dalam Melawan Virus SARS CoV-2 dan Rekomendasi Ahli terkait Perlindungan Tambahan untuk Meminimalisir Potensi Infeksi Silang selama Pandemi Covid-19, antiseptik ini telah digunakan sejak lama, bahkan saat berbagai wabah terjadi sepanjang abad 21 ini.

Sebut saja wabah virus ebola, MERS-CoV, hingga infeksi saluran pernapasan akut SARS-CoV pertama yang mewabah 2009 silam.

SATGAS Covid-19 PB PDGI, Prof. drg. Rahmi Amtha, MDS,Sp.PM, PhD mengatakan kandungan antiseptik PVP-diketahui memiliki anti-microbicidal yang sangat luas.

Baca juga: Cegah Penularan Corona SARS-CoV-2, Ini Manfaat Antiseptik Povidone-Iodine untuk Saluran Pernapasan

"PVP-I juga efektif saat wabah SARS-CoV satu, dan MERS, lalu ebola, bisa diatasi, lalu sekarang juga dibuktikan efektif untuk SARS-CoV-2," kata Prof Rahmi, Rabu (8/7/2020).

Kalau meninjau kembali pengalaman sebelumnya, PVP-I dengan infeksi saluran napas, penelitiannya sudah sangat banyak.

Prof Rahmi mengatakan berbagai laporan ilmiah menunjukkan povidone-iodine efektif dalam mengurangi tingkat keparahan, sehingga bisa mengurangi infeksi saluran napas, radang tenggorokan, serta penggunaan PVP-I pada pasien yang menggunakan ventilator untuk mencegah radang paru.

Ilustrasi Povidone-Iodine, cairan antiseptik yang dapat membunuh virus, bakteri dan jamur.SHUTTERSTOCK/joel bubble ben Ilustrasi Povidone-Iodine, cairan antiseptik yang dapat membunuh virus, bakteri dan jamur.

Baca juga: Kalung Antivirus Corona Kementan, Ahli Sebut Perlu Uji Klinis pada SARS-CoV-2

Kandungan antiseptik PVP-I ini terdapat di beberapa produk, salah satunya pada berbagai varian Betadine.

Salah satunya studi yang dilakukan peneliti di Dune-National University Singapore (NUS) yang menunjukkan PVP-I pada beberapa produk Betadine dapat membunuh 99,99 persen virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

"Itu menunjukkan kemampuan anti-virus pada PVP-I ini sangat kuat. Hasil yang sama juga telah dilaporkan laboratorium di University of Malaya, yang mampu membunuh virus dalam 15 detik dengan log yang lebih tinggi lagi," ungkap Prof Rahmi.

Country Manager Mundipharma Indonesia, Mada Shinta Dewi mengatakan ada dua studi tentang manfaat PVP-I yang telah selesai dilakukan.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X