Virus Corona Menyebar di Udara, Bisakah Filter AC Melindungi dari Covid-19?

Kompas.com - 09/07/2020, 08:00 WIB
Ilustrasi AC (air conditioner), pendingin ruangan dan penyaring udara (filter). Perabot elektronik yang membutuhkan banyak daya. ShutterstockIlustrasi AC (air conditioner), pendingin ruangan dan penyaring udara (filter). Perabot elektronik yang membutuhkan banyak daya.


KOMPAS.com - Ilmuwan di seluruh dunia mendesak Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) untuk merevisi rekomendasi terkait virus corona menyebar di udara.

Sebanyak 239 ilmuwan di 32 negara di dunia telah kembali menemukan bukti, bahwa partikel virus SARS-CoV-2 ini dapat bertahan di udara dalam waktu yang cukup lama, setelah aerosol mengandung droplet dihembuskan lewat batuk atau bersin dari orang terinfeksi virus.

Lantas, apakah pendingin ruangan atau air conditioner ( AC) yang dilengkapi filter penyaring udara dapat melindungi dari Covid-19?

Pekan lalu, Gubernur New York Andrew Cuomo mengumumkan, mal-mal di negara bagian ini tidak dapat dibuka kembali sampai mereka memasang filter partikel udara efisiensi tinggi yang mampu menahan virus penyebab Covid-19.

Baca juga: Virus Corona Menyebar di Udara, Partikel Aerosol Covid-19 seperti Asap Rokok

Penyaring udara berkualitas tinggi

Peneliti kesehatan lingkungan Harvard Joseph Gardner Allen, mengapresiasi langkah Cuomo tersebut.

Direktur program Healthy Buildings di Harvard T.H. Chan School of Public Health ini adalah salah satu dari 239 ilmuwan yang menulis surat terbuka kepada WHO, CDC Amerika Serikat dan lembaga kesehatan lainnya tentang virus corona menyebar di udara.

Allen juga sudah sejak lama konsisten pada bagaimana bangunan sehat dapat menjadi pertahanan pertama melawan virus corona baru.

"Belum pernah terjadi, ada pemimpin di negara ini yang berbicara tentang bangunan sehat, ventilasi dan penyaringan (udara). Saya bersyukur kita memiliki pemimpin seperti ini," kata Allen seperti diwartakan CNN, Rabu (8/7/2020).

Baca juga: WHO Akui Adanya Bukti Penyebaran Virus Corona Covid-19 Lewat Udara

Allen mengatakan CDC dan WHO sangat lambat untuk mengakui transmisi aerosol yang sedang terjadi. Sementara bangunan yang ada tidak dilengkapi dengan pengendalian yang tepat.

Kepada para pemilik pusat perbelanjaan seperti mal, Cuomo mengatakan tentang filter HEPA yang memiliki nilai peringkat MERV tertinggi, antara 17 dan 20.

Apa itu MERV?

MERV atau minimum efficiency reporting value adalah filter atau penyaring udara yang dinilai memiliki kemampuan baik dalam menahan partikel kecil.

Halaman:

Sumber CNN
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X