3 Fenomena Langit Malam Ini, Salah Satunya Gerhana Bulan Penumbra

Kompas.com - 05/07/2020, 19:35 WIB
Penampakan bulan purnama Strawberry Moon saat berlangsung gerhana bulan penumbra, terlihat di atas langit Kota Pelabuhan Basra, Irak, Jumat (5/6/2020) malam. Dua fenomena langit, bulan purnama strawberry dan gerhana bulan penumbra, yang jarang terjadi bersamaan ini bisa terlihat di sebagian besar Eropa, Afrika, Asia, Australia, Samudera Hindia, dan Australia. AFP/HUSSEIN FALEHPenampakan bulan purnama Strawberry Moon saat berlangsung gerhana bulan penumbra, terlihat di atas langit Kota Pelabuhan Basra, Irak, Jumat (5/6/2020) malam. Dua fenomena langit, bulan purnama strawberry dan gerhana bulan penumbra, yang jarang terjadi bersamaan ini bisa terlihat di sebagian besar Eropa, Afrika, Asia, Australia, Samudera Hindia, dan Australia.

KOMPAS.com - Malam ini tiga fenomena langit bisa Anda saksikan di sejumlah wilayah Indonesia.

Ketiga fenomena tersebut adalah Bulan Purnama, Gerhana Bulan Penumbra, dan Konjungsi atau kesejajaran Bulan dan Jupiter.

Berikut penjelasan rinci dari para ahli:

Baca juga: Awan Pelangi di Tokyo, Bisakah Fenomena Ini Terjadi di Indonesia?

1. Bulan purnama

Berdasarkan keterangan tertulis dari Lembaga Penerbangan dan Antariksan Nasional (Lapan), fase purnama ini sebenarnya telah terjadi pada pukul 11.44 WIB.

Fase bulan purnama ini dikenal oleh suku-suku asli Amerika awal sebagai Bulan Purnama Penuh.

Hal ini dikarenakan rusa jantan mulai menumbuhkan tanduk baru mereka pada saat ini.

Selain itu juga, bulan purnama di Bulan Juli ini disebut juga dengan Bulan Guntur Penuh dan Bulan Wort Penuh.

Adapun, ketika purnama terjadi, Bulan akan berjarak 379.148 kilometer dari Bumi (pusat ke pusat) dengan diamater tampak sebesar 31,5 mnenit busur.

2. Gerhana Bulan Penumbra (GBP)

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X