Unik, Tenyata Seekor Gajah Bisa Melahap 150 Kg Pakan dalam Sehari, Kok Bisa?

Kompas.com - 06/07/2020, 18:30 WIB
Seekor gajah Sumatera jantan di Pusat Konservasi Gajah Riau, Selasa (13/3/2018). Ledakan populasi manusia dan kebijakan pemerintah yang mengatasnamakan pembangunan, membuat hutan sebagai habitat gajah Sumatera makin menciut lebih cepat dari yang diprediksi. ANTARA FOTO/FB ANGGOROSeekor gajah Sumatera jantan di Pusat Konservasi Gajah Riau, Selasa (13/3/2018). Ledakan populasi manusia dan kebijakan pemerintah yang mengatasnamakan pembangunan, membuat hutan sebagai habitat gajah Sumatera makin menciut lebih cepat dari yang diprediksi.


KOMPAS.com - Gajah adalah hewan darat paling besar di dunia. Badan yang gempal dan besar ini tentunya memerlukan asupan pakan yang tidak sedikit.

Lalu, seberapa banyak pakan yang dikonsumsi seekor gajah?

Direktur Conservation Response Unit (CRU) Aceh drh Wahdi Azmi mengatakan kebutuhan pakan alami satwa ini sangat luar biasa.

Baca juga: Ratusan Gajah Afrika Mati Mendadak, Ahli Konservasi Indonesia Ingatkan Soal Virus Herpes

"Satu individu saja, dia bisa makan sampai 150 kilogram per hari. Bayangkan jika ada satu kelompok yang besar," kata drh Wahdi dalam webinar Bincang Hutan Tropis: Apa Kabar Gajah Sumatera?, Sabtu (4/7/2020) lalu.

 

Drh Wahdi mengatakan dengan tingginya konsumsi pakan alami bagi sekawanan gajah, maka satwa ini membutuhkan home range atau wilayah habitat yang sangat luas.

Baca juga: Gajah dan Badak Terancam Punah, Inilah Peran Mereka bagi Bumi

 

Tantangan konservasi gajah

Fakta ini, kata dia, yang menjadi faktor penyebab kompleksnya strategi konservasi gajah di Indonesia, bahkan mungkin di dunia.

 

Sebab, sebagai hewan darat terbesar di dunia, gajah juga hidup berkelompok.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X