Kementan: Roll On dan Inhaler Eucalyptus Sudah Terdaftar Badan POM

Kompas.com - 06/07/2020, 13:03 WIB
Kementan akan memproduksi kalung dari tanaman eucalyptus yang diklaim mampu membunuh virus. DOK. Humas Kementerian PertanianKementan akan memproduksi kalung dari tanaman eucalyptus yang diklaim mampu membunuh virus.

KOMPAS.com – Kementerian Pertanian (Kementan) lewat Badan Litbang Pertanian telah mendaftarkan tiga produk berbahan dasar eucalyptus (kayu putih) untuk mendapatkan izin edar Badan POM.

Tiga produk tersebut adalah roll on, inhaler, dan kalung aromaterapi.

Kepala Badan Litbang Pertanian, Dr Ir Fadjry Djufry, M.Si., mengatakan bahwa ketiga produk tersebut mendapatkan izin Badan POM dalam kriteria jamu.

“Di Badan POM itu ada tiga kriteria. Pertama adalah sebagai jamu, kemudian OHT (Obat Herbal Terstandar),” tutur Fadjry saat konferensi pers di Kantor Balai Besar Penelitian Veteriner Kementan, Bogor, Senin (6/7/2020).

Baca juga: Kementan: Kalung Aromaterapi Bukan Antivirus, tapi Aksesori Kesehatan

Untuk roll on dan inhaler, lanjut ia, telah mendapatkan izin edar minggu lalu.

“Untuk dua produk ini kami tengah produksi massal, sekian puluh ribu, per tanggal 24 (Juli) sudah siap dan bisa ditemukan di apotek dengan harga sangat terjangkau,” tambah Fadjry.

Sementara itu, kalung aromaterapi eucalyptus masih dalam proses mendapatkan izin edar dari Badan POM.

“Kalung masih proses (perizinan), semoga segera,” tuturnya.

Aksesori kesehatan

Fadjry sebagai kepala laboratorium yang mengembangkan produk-produk tersebut mengatakan tidak ada klaim antivirus dalam kalung ataupun roll on dan inhaler.

“Kalung ini sebagai aksesori kesehatan. Ini bukan jimat, tidak ada klaim antivirus di situ,” tuturnya.

Halaman:

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X