Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER SAINS] Sinar Matahari Bisa Merusak Covid-19 | 9 Cara Mencegah Covid-19

KOMPAS.com - Penelitian tentang Covid-19 terus dilakukan. Terbaru, ahli menemukan bahwa sinar matahari bisa merusak virus corona lebih cepat dari perkiraan.

Penjelasan tentang studi tersebut menjadi salah satu berita populer Sains Kompas.com edisi Selasa (6/4/2021) hingga Rabu (7/4/2021).

Selain itu, kita tetap harus menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19. Selain menerapkan 5M, ada 4 hal lain yang penting dilakukan untuk menghindari penularan virus.

Berita populer lainnya, mulai tadi malam ada tripel konjungsi bulan, jupiter, dan saturnus. Apa fenomena langit ini masih dapat dilihat?

Berita lain yang tak kalah menarik adalah bahasan soal alien.

Berikut 4 berita populer Sains yang mungkin Anda lewatkan dan layak disimak.

1. Sinar matahari bisa merusak Covid-19

Tim ilmuwan baru-baru ini tampaknya melihat bahwa virus corona kemungkinan lebih rentan terhadap radiasi ultraviolet sinar matahari, daripada yang telah diperkirakan sebelumnya.

Insinyur mekanik UC Santa Barbara Paolo Luzzatto-Fegiz dan rekannya melihat inaktivasi virus corona delapan kali lebih cepat dalam percobaan, daripada yang diperkirakan dalam teori.

"Teori tersebut mengasumsikan bahwa inaktivasi bekerja dengan cara membuat UVB mengenai RNA virus, dan kemudian merusaknya," jelas Luzzatto-Fegiz.

Sinar UV, atau bagian spektrum ultraviolet, mudah diserap oleh basa asam nukleat tertentu dalam DNA dan RNA, yang dapat menyebabkannya terikat dengan cara yang sulit diperbaiki.

Nah, terkait Covid-19, sinar UV yang efektif melawan virus seperti SARS-CoV-2 adalah UVC. Bukan UVA atau UVB.

Apa itu? Baca selengkapnya di sini:

Ilmuwan: Sinar Matahari Kemungkinan Bisa Merusak Virus Corona Lebih Cepat dari Perkiraan

2. Simak 9 cara mencegah Covid-19

Virus corona terus bermutasi menjadi berbagai macam varian yang terus menular. Beberapa varian sudah dinyatakan lebih menular dibanding jenis paling awal.

Setidaknya ada 9 cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penularan, yakni:

  1. Masker, pakai yang pas wajah atau dobeli
  2. Mencuci tangan dengan sabun, bukan hand sanitizer
  3. Menjaga jarak, disarankan 2 meter
  4. Menghindari kerumunan
  5. Mengurangi mobilitas
  6. Disinfektan permukaan benda
  7. Ventilasi udara
  8. Segera mandi setelah bepergian
  9. Vaksinasi

Berikut penjelasan kenapa 9 kiat itu dapat membantu kita mencegah virus, termasuk virus corona. Baca di sini:

Virus Corona Terus Bermutasi, Ini 9 Cara Mencegah Penularan Covid-19

Seorang anak usia 8 tahun asal Inggris, bertanya apakah alien mau mengontak kita. Rasa penasarannya muncul karena dia tahu sudah lama manusia mencoba menghubungi alien.

Menurut Jacco van Loon, Astrophysicist and Director of Keele Observatory, Keele University, sampai saat ini kita belum mengetahui jawabannya.

Sebagai gambaran awal, kita belum menemukan alien sampai saat ini. Jadi, belum bisa meminta mereka menjawab dan menerima jawaban tersebut.

Ketika kita mencoba menjawab “apakah mereka mau menghubungi kita”, kita harus bisa menempatkan diri dalam posisi mereka.

Pertanyaan ini sudah mengasumsikan bahwa alien memang ada.

Sekali lagi, karena kita belum pernah menemukan, kita tidak tahu apakah mereka sungguh-sungguh ada atau tidak.

Mungkin saja mereka ada, untuk alasan sederhana: kita (manusia) ada.

Nah, baca ulasan lengkapnya di sini:

Manusia Berlomba-lomba Mencari Alien, Apakah Alien Mau Mengontak Kita?

4. Tripel konjungsi bulan, jupiter, saturnus mulai tadi malam

Mulai Selasa (6/4/2021) malam, dan selama tiga hari berturut-turut, fenomena tripel konjungsi Bulan, Jupiter, dan Saturnus akan hadir menghiasi langit Indonesia.

Berdasarkan keterangan resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyebutkan bahwa kesempatan mengamati fenomena langit ini adalah di arah Timur-Tenggara dekat konstelasi Capricornus.

Anda yang berminat mengamatinya bisa memilih waktu sejak pukul 03.00 WIB waktu setempat atau sekitar fajar bahari (42 menit setelah Matahari terbenam) berakhir.

Peneliti di Pusat Penelitian Sains Antariksa Lapan, Andi Pangerang, mengatakan, magnitudo ketiga benda langit, Bulan, Jupiter, dan Planet Saturnus ini cukup bervariasi.

Selengkapnya baca di sini:

Mulai Malam Ini, Ada Tripel Konjungsi Bulan, Jupiter, dan Saturnus

https://www.kompas.com/sains/read/2021/04/07/070000023/populer-sains-sinar-matahari-bisa-merusak-covid-19-9-cara-mencegah-covid

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke