Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/03/2024, 18:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem transaksi tol non-tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) masih terus diuji coba di Jalan Tol Bali Mandara.

Kepala Bidang Sistem Informasi Layanan Jalan Tol Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ali Rachmadi mengatakan bahwa Indonesia membutuhkan masa transisi untuk beralih ke MLFF.

"Masih banyak yang harus disesuaikan dengan kondisi Indonesia karena tidak sama seperti kondisi di negara lain, kita perlu masa transisi dulu," tutur Ali saat ditemui di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Senin (25/3/2024).

Adapun masa transisi tersebut dalam bentuk penerapan Single Lane Free Flow (SLFF) with barrier.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Masyarakat Tulus Abadi mengungkapkan bahwa seluruh pihak terkait terus melakukan evaluasi untuk menyempurnakan uji coba MLFF.

"Masih terus kita melakukan evaluasi-evaluasi, baik khususnya dengan RITS (PT Roatex Indonesia Toll System) atau dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk memaksimalkan dan menyempurnakan uji coba-uji coba itu," papar Tulus.

Baca juga: 6,8 Juta Mobil Bakal Lintasi Tol Cipali, Tamer, dan Jombang-Mojokerto saat Mudik Lebaran

Dirinya juga memberikan bocoran roadmap penerapan MLFF di Indonesia yang akan terus berjalan hingga tahun 2028.

"Masih banyak yang harus dievaluasi karena ini transisi juga tadi dengan SLFF salah satunya adalah untuk transitional. Karena kalau penerapan MLFF-nya masih jauh. Kalau menurut roadmap-nya di PUPR di BPJT sampai 2028," tuntasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com