Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kabar Terbaru Proyek MLFF yang Dijajal di Tol Bali Mandara

Kompas.com - 03/02/2024, 13:48 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem transaksi tol non-tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) telah diuji coba di Gerbang Tol (GT) Ngurah Rai Jalan Tol Bali Mandara pada akhir tahun 2023.

Juru Bicara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Endra Atmawidjaja mengatakan, uji coba MLFF menyangkut hal teknis dan administrasi.

"Ya namanya uji coba kan tidak harus selalu langsung berhasil, kan itu ada proses teknisnya, ada proses administrasinya, kemudian menggabungkan dua proses ini kan," kata Endra saat ditemui di Kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jakarta, Jumat (2/2/2024).

Rencananya bila sudah berhasil diuji coba di Tol Bali Mandara, teknologi canggih ini akan dijajal di jalan tol lainnya.

"Yang kemarin sudah tapi saya belum baca review-nya seperti apa, kemudian langkah lanjutannya, yang penting kan sesudah uji coba itu ada perbaikan sistem dan revisi Peraturan Pemerintah (PP)," lanjut Endra.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan, ekspansi uji coba MLFF ditentukan oleh keberhasilan uji coba di Tol Bali Mandara.

Baca juga: Pelaksanaan MLFF Masih Tunggu Revisi PP Jalan Tol

"Timeline-nya milestone-nya adalah bila lolos tahap ini baru kita berpikir next. Kalau tidak lolos, diulang biar lolos," tutur Hedy.

Dirinya juga berharap, proyek MLFF berjalan lancar dan sesuai jadwal meskipun ada sejumlah hambatan.

"Kemarin kan ada beberapa hambatan dan belum semua skenario dijalankan. Kita harapkan tidak molor," tuntas Hedy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com