Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sang Anak Jajal Tol Kartasura-Klaten, Basuki: Lancar Sekali

Kompas.com - 16/04/2024, 11:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Ruas Tol Fungsional Kartasura-Klaten membantu melancarkan arus mudik dan balik Lebaran 2024.

Hal ini disampaikannya ketika ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta dalam acara halalbihalal pada Selasa (16/4/2024).

Basuki mengatakan, anaknya sudah menjajal langsung ruas fungsional tersebut untuk menuju Yogyakarta.

"Anak saya pulang dari Semarang lewat situ ke Yogyakarta lancar sekali. Saya begitu mendarat di sini dia sudah sampai di Yogyakarta," kata Basuki.

Ruas fungsional yang dibuka selama 10 hari tersebut juga telah dilintasi ribuan kendaraan per hari. Ini sesuai dengan proyeksi PT Jasamarga Jogja Solo selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) bahwa segmen tersebut akan dilintasi 1.000-1.200 kendaraan per jam.

"Wah itu sudah ribuan mobil lewat situ," ucap Basuki.

Baca juga: Berkat Divestasi Tol Mebi dan Bakter, Laba Bersih Hutama Karya Melesat 521 Persen

Selain itu menurutnya, ruas-ruas fungsional yang dibuka saat momentum mudik Lebaran bisa membantu melancarkan arus lalu lintas.

"Jadi kalau ruas fungsional Insya Allah membantu," lanjut Basuki.

Sebagai informasi, Tol Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 kilometer merupakan bagian dari Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo.

Ruas ini dibuka secara fungsional untuk arus mudik tanggal 5-11 April 2024 dan arus balik 12-15 April 2024. Pengguna jalan bisa melintasi ruas tol fungsional ini secara gratis pada pukul 06.00-17.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com