Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arus Balik, Banyak Kendaraan yang Kehabisan BBM di Jalan Tol

Kompas.com - 16/04/2024, 09:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mengatakan masih banyak ditemukan kendaraan yang kehabisan Bahan Bakar Minyak (BBM) di perjalanan pada arus balik Lebaran 2024.

Marketing & Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani mengatakan ada sejumlah permintaan bantuan melalui One Call Center Jasa Marga karena kehabisan BBM.

“Akibatnya kendaraan tersebut berhenti di bahu jalan, bahkan ada yang berhenti di lajur contraflow," ujar Faiza.

Baca juga: Dirut Jasa Marga: 48 Persen Kendaraan Pemudik Belum Kembali ke Jabotabek

Karena itu, Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk memastikan kecukupan BBM secara berkala, khususnya setiap berhenti di rest area, agar langsung mengisi BBM sesuai kebutuhan.

Jasa Marga melalui anak usaha di bidang prospektif, PT Jasamarga Related Business (JMRB), juga bekerja sama dengan Pertamina untuk menyediakan BBM motoris yang bersiaga di Rest Area Travoy Jasa Marga.

Layanan ini merupakan layanan pengantaran BBM untuk pengguna jalan yang kehabisan BBM di sekitar rest area dengan menggunakan motor.

 

Namun demikian, armada BBM motoris terbatas, sehingga pengguna jalan tetap harus mengantisipasi perjalanan jarak jauh dengan memastikan kecukupan BBM.

“Kami mengimbau pengguna jalan untuk dapat aktif mencari informasi mengenai Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di jalan arteri yang dekat dengan akses keluar jalan tol sebagai alternatif apabila rest area di jalan tol dilakukan buka tutup karena penuh,” tegas Faiza.

Baca juga: Hingga 14 April, 437.979 Kendaraan Tinggalkan Sumatera

Selain kecukupan BBM, pemudik diminta memastikan kondisi diri dan dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan, mempersiapkan perbekalan dan saldo uang elektronik.

Gunakan waktu dengan bijak dengan tidak berlama-lama di rest area agar dapat bergantian dengan pengguna jalan yang lain.

Pemudik bisa memantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com