Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolri Klaim Manajemen Arus Mudik Lebaran 2024 Berjalan Lancar

Kompas.com - 10/04/2024, 08:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengeklaim, manajemen arus mudik di empat gerbang tol (GT) utama keluar Jakarta berjalan dengan baik, mulai dari awal masuk di Km 50 Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) hingga Km 414 Kalikangkung Tol Semarang-Batang.

Hal ini ditandai dengan peningkatan kecepatan yang semula membutuhkan waktu 8 jam menjadi 6 jam-7 jam ke Provinsi Jawa Tengah.

"Terjadi peningkatan kecepatan untuk pencapaian mulai dari start sampai dengan Jawa Tengah, yang biasanya 8 jam kalau ini menjadi 6,7 jam," tuturnya dikutip dari laman Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Selasa (9/4/2024).

Baca juga: Budi Karya Sampaikan Dukacita Korban Kecelakaan Maut Km 58 Tol Japek

Dia memaparkan, puncak arus mudik pada masa Angkutan Lebaran 2024 terjadi pada H-4 Lebaran 2024.

Fenomena ini bergeser dari tahun lalu pada H-3 Lebaran dengan tingkat kepadatan arus mudik yang turun dibanding tahun lalu.

Untuk menjaga keselamatan perjalanan pada transportasi umum, telah dipersiapkan pelayanan tes urin hingga kesehatan bagi pengemudi bus.

"Kami mengimbau pengemudi tidak memaksakan diri ketika kelelahan karena akan berdampak fatal jika dipaksakan," tegas Listyo.

Adapun Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berpesan kepada para pemudik untuk menjaga kondisi badan tetap prima dan mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan perjalanan mudik.

"Jika memang kelelahan, harus beristirahat di rest area yang telah disediakan," imbuh Budi.

"Dari apa yang kita lihat, ada perubahan dari tahun yang lalu. Kalau tahun lalu itu pemudik lebih suka siang hari, namun sekarang lebih suka malam, sehingga siangnya cenderung kosong," tuntas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com