Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Budi Karya Sampaikan Dukacita Korban Kecelakaan Maut Km 58 Tol Japek

Kompas.com - 09/04/2024, 13:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi bersama Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto meninjau pelaksanaan operasional arus mudik Lebaran 2024 di Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama (Cikatama), Senin (8/4/2024).

Menhub melakukan evaluasi dan menyampaikan sejumlah hal terkait kondisi arus mudik pada masa Angkutan Lebaran (2024) di GT keluar Jakarta, yakni Cikatama, Kalihurip Utama (Kalitama), Ciawi, dan Cikupa.

Pada kesempatan ini pula, Budi menyampaikan rasa dukacita mendalam atas musibah kecelakaan yang terjadi di Km 58 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) Senin (8/4/2024).

Dirinya menyampaikan, kejadian tersebut menjadi pelajaran mahal dan menjadi evaluasi untuk pelaksanaan mudik ke depan, baik dari sisi kebijakan maupun sosialisasi kepada masyarakat.

Budi Karya berpesan kepada para pemudik untuk menjaga kondisi badan tetap prima dan mempersiapkan diri dengan baik sebelum melakukan perjalanan mudik.

Baca juga: Puncak Mudik, 21.937 Kendaraan Lewati GT Benda Utama Menuju Bandara Soekarno-Hatta

"Jika memang kelelahan, harus beristirahat di rest area yang telah disediakan," imbuhnya dikutip dari laman Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Selasa (9/4/2024).

"Dari apa yang kita lihat, ada perubahan dari tahun yang lalu. Kalau tahun lalu itu pemudik lebih suka siang hari, namun sekarang lebih suka malam, sehingga siangnya cenderung kosong," tambah dia.

Oleh karena itu, hal ini menjadi penting bagi Pemerintah dalam memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat.

Budi juga turut mengapreasiasi petugas lapangan yang bertugas siang dan malam serta melakukan evaluasi secara berkala untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com