Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/12/2023, 20:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

PURWAKARTA, KOMPAS.com - Uji coba transaksi jalan tol non-tunai nirsentuh tanpa setop atau Multi Lane Free Flow (MLFF) dilaksanakan di Gerbang Tol (GT) Ngurah Rai Jalan Tol Bali Mandara, Jumat (15/12/2023).

Adapun Jalan Tol Bali Mandara dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Bali Toll (JBT).

Menanggapi hal ini, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, Jasa Marga selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) melihat uji coba MLFF belum mencakup keseluruhan sistem pengoperasian jalan tol.

Keseluruhan sistem transaksi tol yang dimaksud mulai dari proses tapping di GT hingga sistem pembayaran yang bisa diterima oleh BUJT beserta laporannya.

"Saat ini Jasa Marga selaku jalan tol masih terus memonitor dan ikut dalam tahap evaluasi uji cobanya seperti apa," ujar Lisye dalam site visit di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan, Senin (18/12/2023).

Jasa Marga bersama dengan BUJT lain dan Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) terus berpartisipasi aktif dalam program modernisasi sistem transaksi tol tersebut.

Baca juga: Bandung-Jakarta Bisa Lewat Tol Japek II Selatan saat Arus Balik Natal-Tahun Baru

Ini juga merupakan upaya untuk mewujudkan sistem transaksi tol yang aman dan nyaman bagi pengguna jalan tol.

"Kita berfokus supaya sistem pengoperasian tol ini tetap mengedepankan kualitas pelayanan kepada pengguna jalan tol, dan ini tentunya dibutuhkan koordinasi dan evaluasi berkala," imbuh Lisye.

Sebagai informasi, Pemerintah Hungaria menginvestasikan dana senilai 300 juta dolar Amerika Serikat (AS) untuk proyek MLFF di Indonesia.

Milestone berbasis Global Navigation Satellite System (GNSS) ini dikerjakan oleh PT Roatex Indonesia Tollroad System (RITS) sebagai Badan Usaha Pelaksana (BUP) MLFF.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com