Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Mobil Tertimpa Palang Saat Uji Coba MLFF, Ini Kata Dirut Roatex

Kompas.com - 15/12/2023, 20:39 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

NUSA DUA, KOMPAS.com - Sistem transaksi tol nontunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) diuji coba di Gerbang Tol (GT) Ngurah Rai, Jalan Tol Bali Mandara, Jumat (15/12/2023).

Koordinator Presidium Koalisi Masyarakat Peduli Tol Indonesia (KAMTI) Sahrul RM mengatakan, uji coba tersebut gagal karena banyak mobil yang tertimpa palang tol.

"Dalam video uji coba yang diperoleh KAMTI, terlihat beberapa kendaraan yang tertimpa palang," kata Sahrul, dikutip dari keterangan resmi.

Menanggapi hal ini, Direktur Utama PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) Attila Keszeg menyatakan bahwa uji coba MLFF tersebut berjalan baik.

"Ada puluhan tes yang dilakukan. Dalam beberapa tes, hasilnya baik apabila palang tol bisa terbuka dan pada tes lainnya juga hasilnya baik apabila palang tol tidak terbuka," kata Attila saat ditemui Kompas.com.

Palang tol bisa saja tidak terbuka karena pengguna jalan tol tesebut belum melakukan pembayaran tol atau mendaftar di aplikasi Cantas.

Baca juga: Tips Mudik Natal-Tahun Baru Aman via Jalan Tol

"Jadi, apa yang kami sebut berhasil bergantung kepada komponen apa yang sedang diuji coba," tegas Attila.

Di sisi lain, RITS terus melakukan pengembangan evaluasi komponen uji, mulai dari kecepatan sampai dengan jarak antarkedaraan.

Lanjutnya, kepastian komersialisasi MLFF juga bergantung kepada kinerja atau progres pengembangan sistem tersebut.

"Tanggal spesifiknya masih terlalu dini untuk dibicarakan karena seperti yang Anda tahu, rencananya akan tergantung kepada kinerja," tandas Attila.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com