Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Konsep Kawasan Industri Cikarang, Tol Gratis pada Natal-Tahun Baru, dan Malaysia Belajar MLFF

Kompas.com - 07/12/2023, 08:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah kawasan industri di Tanah Air terus menata diri menjadi area yang layak huni.

Mengusung konsep baru yang lebih modern dan terintegrasi, kawasan industri hadir dengan wajah anyar untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

Langkah tersebut dilakukan bukan tanpa alasan. Salah satunya adalah untuk mematahkan stigma yang kerap dilekatkan sebagai kawasan gersang, berpolusi tinggi, dan macet.

Selama bertahun-tahun, pandangan tersebut melekat di benak masyarakat. Karena itu, tak sedikit orang memilih tinggal di tempat yang agak jauh dari kawasan industri.

Adapun salah satu kawasan industri di Tanah Air yang getol merias diri menjadi kawasan apik layak huni adalah Cikarang. Sebelumnya, Cikarang merupakan kawasan tandus yang berbukit.

Namun, Ibu Kota Kabupaten Bekasi itu kini menjelma menjadi perkotaan yang hijau dan memiliki nilai ekonomi tinggi.

Terletak di tempat strategis antara Jakarta dan Jawa Barat (Jabar), Cikarang bahkan mampu menarik pelaku ekonomi untuk berinvestasi.

Perusahaan serta pabrik dari luar negeri pun tumbuh di kawasan tersebut sehingga turut meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Baca artikel lengkapnya di sini Mengulik Konsep Kawasan Industri di Cikarang yang Terintegrasi dengan Kota Mandiri

Sebanyak 11 ruas jalan tol bakal bisa dilintasi masyarakat secara gratis pada momen libur Natal dan tahun baru 2023/2024.

Ruas dengan total panjang jalan mencapai 266,13 km itu terdiri dari enam ruas tol fungsional sepanjang 139,7 km dan lima ruas tol operasi yang belum bertarif sepanjang 126,43 km.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pernah menyampaikan tentang rencana pengoperasioan fungsional terhadap enam ruas jalan tol.

"Yang dapat difungsikan pada Natal dan tahun baru adalah Japek II Selatan Ruas Kutanegara-Sadang dan Tol Solo-Yogyakarta Ruas Kartasura-Karanganom," ujarnya dalam Rapat Kerja bersama Komisi V DPR RI terkait Kesiapan Infrastruktur dan Transportasi Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 pada Rabu (21/11/2023).

Kemudian, di Pulau Sumatera akan ada tiga ruas jalan tol yang difungsikan, meliputi Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat sepanjang 71 km; Tol Bangkinang-Tanjung Alai sepanjang 25 km; dan Tol Binjai-Langsa Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura sepanjang 19 km.

Baca informasi lengkapnya di sini 266 Km Ruas Jalan Tol Akan Dapat Dilalui Gratis Saat Natal-Tahun Baru

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com