Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/12/2023, 07:55 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji coba transaksi jalan tol non-tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) direncanakan akan dilaksanakan pada Selasa (12/12/2023).

Hal ini dilontarkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mohammad Zainal Fatah saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Senin (11/12/2023).

"Rencananya begitu (diuji coba pada 12 Desember 2023)," ujar Zainal Fatah.

Pada tahap awal, uji coba MLFF baru dilaksanakan di satu lane atau jalur dengan jenis kendaraan masih terbatas, yakitu kendaraan Pemerintah, Kepolisian dan PO Taksi. Selain itu, uji coba MLFF juga masih belum berbayar.

"Tidak (tidak berbayar), ini uji coba, kan diuji coba dulu, kalau tidak kemudian banyak mobil lolos atau misalkan orang yang sudah bayar tapi tidak bisa keluar," imbuh Zainal.

Namun demikian, Zainal Fatah memastikan uji coba tidak berbayar ini tidak akan merugikan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Jalan Tol Bali Mandara dalam hal ini PT Jasamarga Bali Tol (PT JBT).

Baca juga: Konstruksi Tuntas, Tol Makassar New Port Tahap 1-2 Sudah Uji Laik Fungsi

Adapun MLFF digadang-gadang bisa menjadi solusi dari kemacetan di gerbang tol yang menyebabkan kerugian.

Pada awalnya MLFF ditargetkan bisa diuji coba di Tol Bali Mandara pada 1 Juni 2023.

Pemerintah Hungaria menginvestasikan dana senilai 300 juta dolar Amerika Serikat (AS) untuk proyek MLFF di Indonesia.

Milestone berbasis Global Navigation Satellite System (GNSS) ini dikerjakan oleh PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) sebagai Badan Usaha Pelaksana (BUP) MLFF.

Sementara terkait dengan kepastian uji coba MLFF, pihak Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) masih belum memberikan jawaban saat dihubungi Kompas.com pada Senin (11/12/2023) malam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com