Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

One Way GT Kalikangkung Dihentikan, Masih Ada Contraflow di Tol Cipali

Kompas.com - 16/04/2024, 12:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Atas diskresi Kepolisian, rekayasa lalu lintas one way dari KM 414 GT Kalikangkung sampai KM 72 Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dihentikan sejak Selasa (16/4/2024) pukul 08.000 WIB. 

Kakorlantas Polri, Brigjen Aan Suhanan mengatakan saat ini arus lalu lintas dari Semarang menuju Jakarta sudah bisa dilalui dua arah. 

"Pelaksanaan one way dari KM 414 GT Kalikangkung sampa dengan KM 72 tol Cipali sudah ditutup sejak pukul 08.00.  Untuk arus lalu lintas sudah dinormalkan dua arah," ungkap Aan dalam konfrensi pers.

Baca juga: Sang Anak Jajal Tol Kartasura-Klaten, Basuki: Lancar Sekali

Sementara itu, di jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) hingga masih diberlakukan rekayasa lalu lintas contraflow

"Dari KM 70 sampai dengan KM 47 tol Jakarta-Cikampek, sampai saat ini masih membuka 3 lajur contraflow," jelasnya. 


Dikatakan, contraflow saat ini sendang diprorses menjadi lebih kecil atau menjadi 2 lajur karena situasi arus lalu lintas dari ara Tol Trans Jawa dan Bandung sudah mulai melandai.  

Ia menambahkan, puncar arus balik Lebaran 2024 sudah terjadi pada Senin (15/4/2024) malam hingga Selasa (16/4/2024) pagi sekitar pukul 06.00 WIB. 

Baca juga: Takut Kehabisan BBM di Tengah Jalan? Anda Bisa Beli Bensin Kemasan di Rest Area Ini

Namun masih ada sekitar 30 persen pemudik yang belum kembali ke Jakarta, baik yang datang melalui 4 gerbang tol (GT) utama maupun melalui KM 66 tol Japek

“Kemudian masih ada tersisa yang belum kembali ke Jakarta sekitar 30 persen lebih, baik itu di 4 Gardu, maupun di KM 66 yang menjadi titik krusial,” tandas Aan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com