Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PUPR: Uji Coba MLFF di Tol Bali Tak Akan Ganggu Lalin Libur Nataru

Kompas.com - 15/12/2023, 15:20 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian PUPR menyebut bahwa uji coba sistem transaksi tol non-tunai tanpa setop atau Multi Lane Free Flow (MLFF) di Jalan Tol Bali-Mandara tidak akan mengganggu arus lalu lintas (lalin) kendaraan saat libur Natal dan tahun baru 2023/2024.

Pasalnya, masa uji coba MLFF juga berbarengan dengan momen libur Natal dan tahun baru. Di mana Bali menjadi salah satu daerah tujuan wisata masyarakat untuk berlibur.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR, Hedy Rahadian mengatakan, saat ini pihaknya memang sedang melaksanakan uji coba MLFF.

"Bahkan pada hari ini kita melakukan berbagai skenario testing untuk transisi yang kita sebut single lane free flow," ujarnya dalam Konferensi Pers Persiapan Nataru 'Skema Pengaturan Jalan Nataru dan Kesiapan Jalan Alternatif & Tol' yang disiarkan kanal Youtube FMB9ID_IKP pada Jumat (15/12/2023).

Baca juga: Tahap I, MLFF Dijajal Kendaraan Pemerintah, Kepolisian, dan PO Taksi

Kendati begitu, dia memastikan uji coba MLFF tidak akan menimbulkan penumpukan kendaraan dan mengganggu arus lalin di Jalan Tol Bali-Mandara.

Sebab, uji coba hanya diterapkan di satu lajur dari gerbang tol yang biasanya digunakan untuk keperluan mendesak atau darurat

"Jadi tidak akan menganggu keseluruhan berfungsinya gerbang-gerbang tol di Bali-Mandara," pungkas Hedy.

Untuk diketahui, uji coba MLFF direncanakan berlangsung hingga Januari 2024 dan kemudian dilakukan evaluasi pada Februari 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com