Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Uji Coba MLFF di Jalan Tol, Lokasi, Waktu, hingga Mekanismenya

Kompas.com - 23/11/2023, 06:26 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian PUPR telah mengagendakan uji coba sistem transaksi tol nirsentuh non-tunai atau Multi Lane Free Flow (MLFF).

MLFF merupakan hasil kerja sama bilateral antara Indonesia dengan Hungaria dengan tujuan meningkatkan sistem pembayaran tol Indonesia.

Pemerintah Hungaria berinvestasi 100% dari proyek ini dengan nilai investasi sebesar 4,5 triliun rupiah dalam bentuk kerja sama pemerintah dan badan Usaha (KPBU).

Sistem MLFF ini menggunakan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) dan proses transaksinya melalui aplikasi Cantas di smartphone pengguna jalan tol.

Mengenai rencana uji coba MLFF, berikut beberapa hal yang patut diketahui masyarakat sebagaimana dirangkum oleh Kompas.com:

Lokasi dan Waktu Pelaksanaan

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan bahwa uji coba MLFF akan dilakukan di Jalan Tol Bali-Mandara pada pekan kedua Desember 2023.

Baca juga: Menteri Basuki: MLFF Ini Salah Satu KPI Saya

Satu-satunya jalan tol di Pulau Dewata itu dipilih sebagai ruas pertama yang menerapkan MLFF untuk memudahkan penanganan apabila terjadi masalah saat uji coba.

"Bali kan terbatas, kalau ada apa-apa enggak terlalu chaos," ujar Basuki dalam acara Hunindotech 4.0 di Jakarta, Selasa (14/11/2023) lalu.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian menambahkan, pelaksanaan uji coba MLFF di Tol Bali-Mandara akan berlanhsung sekitar dua minggu.

"Setelah diuji coba selama dua minggu, kita akan evaluasi. Jika dinilai telah berhasil, akan segera kita expand penerapannya di jalan tol lainnya. Jika masih ada kekurangan, akan segera diperbaiki dan diuji coba kembali," tuturnya.

Menurut Basuki, apabila uji coba MLFF di Bali telah berhasil, akan dilanjutkan di sejumlah ruas jalan tol Jakarta dan Jawa Barat.

"Jadi pertama Bali dulu, pekan kedua Desember Bali. Nanti dievaluasi, kalau oke baru kita masukkan di sekitar Jakarta dan Jawa Barat," katanya saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (21/11/2023) lalu.

Mekanisme

Uji coba perdana ini dilakukan di satu gate Tol Bali-Mandara. Kemudian setelah proses evaluasi, akan diperluas di gate yang lain.

Hedy Rahadian mengatakan, uji coba MLFF perdana ini juga masih menggunakan barrier untuk mencegah kerugian.

"Sementara pakai barrier dulu, nanti kalau sudah data registrasinya membaik, kita baru copot (barrier-nya)," imbuhnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com