Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/06/2023, 12:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) menyangkal isu penerapan teknologi Multi Lane Free Flow (MLFF) Indonesia akan sama persis dengan yang diterapkan di Hungaria.

Direktur Utama PT RITS, Attalia Keszeg mengatakan, MLFF berbasis Global Navigation Satellite System (GNSS) ini dikembangkan dengan teknologi terbaru.

Di Hungaria, sistem transaksi tol non-tunai nirsentuh tanpa setop yang diterapkan sejak tahun 2013 tersebut ditujukan untuk kendaraan muatan berat saja.

Sementara MLFF yang akan diterapkan di Indonesia diproyeksikan sudah bisa langsung merekam seluruh golongan kendaraan yang melintas di tol.

"Karena teknologi berkembang, teknologi juga menawarkan peluang baru," papar Attila dalam media luncheon PT RITS di Kantor Kedutaan Besar Hungaria di Jakarta pada Kamis (15/6/2023).

Selain itu, pengembangan MLFF juga dipantau langsung oleh lembaga independen untuk verifikasi kesiapan dan pelaksanaan.

Penerapan sistem MLFF yang sebelumnya direncanakan untuk diuji coba pertama kali di Tol Bali-Mandara pada 1 Juni 2023 resmi ditunda.

Pada kesempatan yang sama, Direktur PT RITS, Gyula Orosz berharap MLFF bisa sesegera mungkin diterapkan.

Baca juga: Penerapan MLFF Terkendala Masalah Kompleks, Ini Penjelasannya

"Secara teknis semua elemen masih dalam pengujian dan kami tentunya harus memastikan semua bekerja dengan baik," ujar Gyula.

Lanjutnya, PT RITS harus memperoleh persetujuan dari auditor independen terlebih dahulu sebelum melakukan uji coba MLFF.

"Mengenai kapan, waktu uji coba, RITS berharap dapat segera mungkin dilakukan uji coba," tandas Gyula.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com