Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

40 Unit "Mobile Control Unit" Disiapkan untuk MLFF

Kompas.com - 05/07/2023, 19:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 40 unit Mobile Control Unit (MCU) berbentuk mobil disiapkan untuk pelaksanaan Multi Lane Free Flow (MLFF).

"Sampai hari ini kami mendapatkan informasi sesuai dengan perjanjian kerja sama adalah 40 unit kita akan bagi seluruh Indonesia, kita akan melihat perkembangan lebih lanjut nantinya seperti itu," papar Chief Operating Officer (COO) PT Roatex Indonesia Toll System (RITS), Agung Pramono dalam media gathering di Jakarta, Rabu (5/7/2023).

Fungsi MCU adalah untuk menggantikan dan membantu gantry apabila terjadi kerusakan atau dalam kondisi lalu lintas padat seperti saat momen mudik Lebaran.

MCU disiapkan dengan berbagai peralatan khusus penunjang pelaksanaan MLFF, seperti komputer dan kamera.

Direktur Utama PT RITS Attila Keszeg mengatakan, dana yang dihabiskan untuk pembelian mobil lengkap dengan modifikasinya sekitar 40.000 dolar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp 601 juta per unit.

Sehingga saat ini, dana yang dikeluarkan untuk pengadaan 40 mobil MCU adalah sebesar Rp 24 miliar.

Attila menjelaskan, MLFF murni berasal dari investasi Pemerintah Hungaria senilai 300 juta dolar AS atau Rp 4,4 triliun.

Sedangkan hingga saat ini, sekitar 30 persen dana atau Rp 1,3 triliun sudah dikeluarkan untuk menyiapkan MLFF dari semua aspek.

Baca juga: Roatex Bantah Teknologi MLFF Hungaria Bakal Rugikan Indonesia

"30 persen dana atau lebih dari itu. Kami mengembangkan perangkat lunak, sistem untuk gantry, pusat data, ruang kontrol, mobil dan lainnya," papar Attila dalam kesempatan yang sama.

Di sisi lain, telah terpasang 2 gantry, yakni di Gantry 128 di Cimanggis dan Gantry 208 di Pondok Melati dengan target ada 400 gantry akan dipasang di seluruh Indonesia.

Proses pemasangan ratusan gantry masih terhambat karena menunggu perizinan dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com