Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tiga Jalan Tol Terpanjang di Pulau Jawa

Kompas.com - 24/03/2024, 09:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Pulau Jawa telah memiliki ribuan kilometer jalan tol yang terbangun. Ada Tol Trans-Jawa, serta non Tol Trans-Jawa.

Bahkan untuk Tol Trans-Jawa, sudah hampir tersambung dari ujung barat sampai timur Pulau Jawa, yaitu Banten hingga Probolinggo.

Dari ribuan kilometer jalan tol beroperasi di Pulau Jawa, beberapa di antaranya mencetak rekor dengan memiliki ruas jalan tol terpanjang.

Seperti dikutip dari unggahan akun Instagram resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) pada Sabtu (23/03/2024), berikut tiga jalan tol terpanjang di Pulau Jawa:

1. Jalan Tol Cipali 116,75 km

Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Jawa yang melintasi Cikopo, Subang, Purwakarta, hingga Palimanan, tersambung langsung dengan Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan diteruskan ke Jalan Tol Palimanan-Kanci yang tersambung ke Jawa Tengah hingga Jawa Timur.

Baca juga: Hengkang dari Proyek Calon Tol Terpanjang RI, Jasa Marga Minat Masuk Lagi?

Jalan Tol Cipali sudah beroperasi sejak tahun 2015, memiliki akses langsung menuju Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, dan tersambung juga ke Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan.

2. Jalan Tol Solo-Ngawi 90,43 km

Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Jawa yang menghubungkan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur, dan telah beroperasi sejak tahun 2018.

Jalan Tol Solo-Ngawi memangkas waktu tempuh perjalanan menjadi sekitar 1 jam-1,5 jam, serta menggerakkan roda perekonomian di wilayah Solo, Ngawi, dan sekitarnya.

3. Jalan Tol Ngawi-Kertosono 85,46 km

Jalan tol ini merupakan ruas lanjutan dari Jalan Tol Solo-Ngawi yang menghubungkan wilayah Ngawi dengan Kertosono dan telah beroperasi sejak tahun 2018.

Jalan Tol Ngawi-Kertosono memiliki empat seksi, yakni Seksi 1 Ngawi-Madiun, Seksi 2 Madiun-Caruban, Seksi 3 Caruban-Wilangan, dan Seksi 4 Wilangan-Kertosono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com