Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Kesiapan Jalur Fungsional Tol Solo-Yogyakarta dan Tol Japek II Selatan

Kompas.com - 21/03/2024, 20:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. telah melakukan sejumlah upaya untuk meningkatkan pelayanan selama periode Lebaran 2024 khususnya dalam menyiapkan alternatif jalur fungsional dan akses jalan tol untuk mendistribusikan lalu lintas.

Dua jalur fungsional telah disiapkan masing-masing untuk jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Solo-Yogyakarta) dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan.

Menurut Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana, untuk Jalan Tol Jogja-Solo pada periode Lebaran 2024 ini terdapat penambahan panjang ruas fungsional dari Colomadu sampai dengan Ngawen sepanjang 22,3 kilometer (dari sebelumnya Kartasura-Karanganom 13 kilometer).

Baca juga: 7.900 Ton Beton Aspal Digunakan untuk Pelihara Tol Terpeka dan Permai

Jalur fungsional ini akan tersambung ke Jalan Provinsi Jatinom-Boyolali kemudian ke Jalan Nasional Yogyakarta-Solo,” jelasnya.

Operasionalnya mulai pukul 06.00 sampai dengan 17.00 WIB pada periode arus mudik (5-11 April 2024) dan periode arus balik (12-15 April 2024).

“Namun, jalur fungsional ini dibuka hanya untuk kendaraan golongan 1 non bus," ujar Lisye.

Sementara itu, untuk jalur fungsional Japek II Selatan, Lisye menjelaskan, akan beroperasi dari Simpang Susun (SS) Sadang hingga Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer.

“Jalan ini akan dioperasikan secara situasional sesuai diskresi Kepolisian untuk mendukung distribusi lalu lintas pada arus balik tepatnya dari arah Bandung dan sekitarnya yang menuju Jabotabek melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” papar Lisye.

Baca juga: Mudik Lebaran 2024 Bisa Lewat Tol Cikeas-Cibitung

Jasa Marga juga akan mengoperasikan fungsional tambahan 1 lajur (2 lajur menjadi 3 lajur) di Jalan Tol Palikanci Km 208+150 sampai dengan Km 210+190 (sepanjang ±2,04 Km).

Akan dioperasikan pula jalur fungsional akses tol Km 99 Jalan Tol Cipularang baik arah Jakarta maupun arah Bandung.

Jasa Marga mengimbau para pengguna jalan tol agar memperhatikan aspek kesiapan perjalanan.

Mulai dari memastikan kondisi pengemudi dan kendaraan dalam keadaan prima dan laik jalan dibarengi dengan mempersiapkan perbekalan selama perjalanan (makanan, minuman, serta peralatan ibadah, obat-obatan pribadi).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com