Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HELI Kantongi Laba Bersih Rp 600 Juta Tahun 2023

Kompas.com - 21/03/2024, 17:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com PT Jaya Trishindo Tbk (HELI) berhasil mengantongi laba bersih sekitar Rp 600 juta pada tahun 2023.

Direktur Utama Jaya Trishindo Edwin Widjaja mengatakan, hal ini merupakan wujud keberhasilan perusahaan yang bergerak di bidang penyewaan helikopter dari posisi rugi pada 2022.

Adapun sepanjang 2022, perusahaan membukukan rugi bersih sebelum pajak sebesar Rp 85,80 miliar dan rugi tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp 85,57 miliar.

Tercapainya laba bersih tersebut ditopang oleh kenaikan pendapatan yang signfikan, yakni dari Rp 44,56 miliar pada tahun 2022 menjadi sekitar Rp 69,08 miliar pada 2023.

"Lonjakan pendapatan berasal dari adanya sejumlah kontrak baru yang berhasil dikantongi perseroan," kata Edwin dalam bincang santai di GoWork Pacific Place, Pacific Place Mall, Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Salah satunya adalah kontrak yang diperoleh melalui anak usaha, yaitu PT Komala Indonesia yang pada pertengahan 2023 berhasil menandatangani kontrak kerja sama dengan dua perusahaan pemilik izin konsesi hutan di Indonesia.

Baca juga: Pertama di Indonesia, Restoran Minang Hadir dengan Layanan Helikopter

Komala Indonesia menyediakan jasa sewa masing-masing satu unit helikopter kepada kedua perusahaan tersebut guna mengantisipasi penangangan kebakaran hutan yang terjadi di area konsesi milik mereka.

Periode kerja sama berlangsung selama dua tahun untuk masing-masing perusahaan atau sampai dengan 2025 dan dapat diperpanjang satu tahun berikutnya, yakni hingga 2026.

"Total nilai kerja sama baru dengan kedua perusahaan ini sekitar Rp 200 miliar untuk kurun waktu dua tahun," ujar Edwin.

Membaiknya kinerja keuangan perseroan juga dipengaruhi oleh strategi efisiensi jitu yang berhasil dieksekusi oleh manajemen HELI.

Edwin mengungkapkan, pengetatan belanja yang dilakukan tahun lalu mampu menekan beban umum perusahaan hingga 29 persen year-on-year (yoy).

Sebagai informasi, saat ini HELI memiliki enam armada helikopter dan satu pesawat Cessna dengan rencana akan menambah dua unit helikopter lagi pada tahun 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com