Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Diresmikan Jokowi, Duplikasi Jembatan Kapuas I Bisa Dilintasi Sore Ini

Kompas.com - 21/03/2024, 13:58 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Setelah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (21/03/2024), Duplikasi Jembatan Kapuas I di Pontianak akan bisa dilintasi masyarakat saat sore hari ini.

Direktur Jenderal Bina Marga, Hedy Rahadian menerangkan, pembangunan Duplikasi Jembatan Kapuas I dilakukan dalam rangka mengurai kemacetan di jaringan jalan kota Pontianak.

"Alhamdulillah setelah diresmikan Presiden Jokowi, jembatan akan siap dioperasikan pada Kamis, 21 Maret 2024, pukul 16.00 WIB sore ini. Mengenai pengaturan lalu lintas akan kami serahkan kepada Dinas Perhubungan setempat," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Selanjutnya, Kementerian PUPR juga akan menangani beberapa hal terkait pengoperasian Duplikasi Jembatan Kapuas I.

"Nanti kita akan memperlebar jalan terusan dari jembatan ini menjadi 4 lajur, saat ini sudah kita programkan di SBSN. Semoga tahun ini bisa kita mulai dan paling lambat tahun depan kita juga lakukan penataan simpang untuk manuver truk kontainer," terang Hedy.

Baca juga: Jokowi Resmikan Duplikasi Jembatan Kapuas I yang Habiskan Rp 275 Miliar

Direktur Pembangunan Jembatan, Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian PUPR, Budi Harimawan juga menambahkan, selain mengurangi kemacetan, Duplikasi Jembatan Kapuas I juga akan mengurangi beban jembatan lama yang telah beroperasi sejak tahun 1982.

Pembangunan jembatan sepanjang 430 meter dengan lebar 8 meter tersebut dikerjakan dengan anggaran sebesar Rp 275,7 miliar.

"Duplikasi Jembatan Kapuas I ini dibangun dengan rangka baja, dan diselesaikan dalam waktu 570 hari dengan masa pelaksanaan Agustus 2022-Maret 2024. Adapun kontraktor pelaksananya adalah PT Wijaya Karya," tutup Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com