BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Sinar Mas Land

5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Pengantin Baru Saat Memilih Hunian

Kompas.com - 21/03/2024, 12:33 WIB
Hotria Mariana,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pernikahan menjadi babak baru yang penuh kebahagiaan dan petualangan. Di balik euforianya, terdapat satu langkah penting menanti, yakni menemukan hunian ideal.

Lebih dari sekadar tempat tinggal, hunian ideal menjadi sarang cinta yang memupuk kasih sayang dan membangun fondasi keluarga yang kokoh. Di sinilah momen-momen indah tercipta, mimpi-mimpi dirajut, dan tawa bersama menggema.

Namun, menemukan hunian ideal bukanlah perkara mudah. Berbagai faktor perlu dipertimbangkan.

Bagaikan kepingan puzzle yang harus disatukan dengan cermat, mulai dari lokasi, bujet, hingga desain interior. Komunikasi yang terbuka menjadi kunci utama mengantarkan Anda dan pasangan pada kesepakatan yang harmonis.

Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat memilih hunian ideal untuk pengantin baru.

1. Samakan visi misi

Memilih hunian ideal merupakan langkah penting dalam membangun kehidupan bersama. Proses ini ibarat menyatukan mimpi Anda dan pasangan yang mungkin memiliki preferensi dan kebutuhan yang berbeda.

Sebelum memulai pencarian, penting bagi Anda berdua untuk duduk bersama dan berdiskusi secara terbuka tentang visi dan misi dalam membangun rumah tangga. Hal ini termasuk gaya hidup yang diinginkan, jumlah anak yang diharapkan, dan rencana jangka panjang. Dengarkan dengan saksama dan temukan solusi yang menguntungkan kedua belah pihak.

Dengan menyelaraskan kedua hal tersebut, Anda dan pasangan dapat lebih mudah menentukan hunian yang sesuai dengan kebutuhan dan impian.

Ingatlah, membeli hunian bukan hanya tentang memiliki tempat tinggal, tetapi juga membangun mimpi bersama.

2. Hitung kemampuan finansial

Sebelum melangkah lebih jauh, penting bagi Anda dan pasangan untuk melakukan evaluasi secara jujur terhadap kemampuan finansial. Hitunglah anggaran yang tersedia, pertimbangkan gaji, tabungan, dan cicilan yang dimiliki.

Ingatlah bahwa hunian bukan hanya tentang pembelian rumah sebagai bangunan saja, melainkan juga pemeliharaan dan pengeluaran rutin lainnya. Jadi, jangan mudah tergoda dengan hunian yang indah, tapi harganya di luar kemampuan Anda berdua.

Pilihlah hunian yang sesuai dengan anggaran agar tidak membebani masa depan. Lakukan riset tentang harga properti di lokasi yang diincar, hitung kemampuan mencicil KPR, dan pertimbangkan dana untuk renovasi atau pembelian furnitur.

Pastikan cicilan yang dimiliki, termasuk rumah, tidak melebihi 30 persen dari pendapatan gabungan Anda berdua.

Selain gaji dan tabungan, Anda juga bisa mempertimbangkan Tunjangan Hari Raya (THR) sebagai salah satu alternatif untuk menambah biaya membeli rumah atau membayar uang muka (DP). THR yang diterima bisa digunakan untuk meningkatkan jumlah DP sehingga cicilan KPR menjadi lebih ringan.

3. Tentukan hunian

Penentuan hunian bisa dimulai dari jenisnya. Jika Anda dan pasangan menyukai kehidupan dengan privasi lebih, rumah tapak bisa jadi solusi. Sementara, bila ingin kepraktisan, apartemen patut dipertimbangkan.

Selanjutnya, pikirkan soal luas hunian, sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga di masa depan, kebutuhan ruang pribadi, dan gaya hidup. Bagi pasangan yang suka beraktivitas di rumah, ruang yang lebih luas untuk bersantai dan berkreasi menjadi penting.

Tidak kalah penting, Anda dan pasangan juga perlu mempertimbangkan desain hunian dan pilih yang sesuai selera. Perhatikan pula tata letak, ketersediaan ventilasi, dan pencahayaan di dalamnya. Bila Anda berdua berencana memulai keluarga, pertimbangkan desain yang ramah anak.

Ingat, desain interior yang indah dan nyaman dapat meningkatkan kualitas hidup penghuninya. Bila penentuannya terasa sulit, Anda bisa memanfaatkan jasa desainer interior atau arsitek untuk membantu mewujudkan hunian impian.

4. Lokasi

Memilih hunian di lokasi strategis dengan akses yang mudah, terutama ke tempat kerja, merupakan kunci untuk mencapai keseimbangan hidup antara pribadi dan profesional.

Jika tinggal dekat dengan tempat kerja, Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam di jalan untuk pergi dan pulang kerja. Anda pun jadi punya lebih banyak waktu untuk bersantai atau melakukan aktivitas menyenangkan lainnya.

Selain itu, tinggal di lokasi yang strategis juga dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Anda akan lebih mudah mengakses berbagai fasilitas publik, seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan sekolah. Ini akan membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi jika Anda berdua berencana memiliki anak di masa depan.

5. Fasilitas dan keamanan

Memilih hunian tidak hanya tentang estetika, tapi juga tentang kenyamanan dan ketenangan. Pastikan hunian Anda memiliki struktur kokoh, sistem keamanan mumpuni, dan fasilitas memadai.

Fasilitas sekitar seperti taman, pusat perbelanjaan, dan pusat kesehatan penting untuk menunjang kebutuhan keluarga.

Fasilitas penunjang, seperti taman, kolam renang, dan gym dapat meningkatkan kualitas hidup. Bagi pasangan yang memiliki anak, pertimbangkan akses ke sekolah, taman bermain, dan fasilitas kesehatan.

Sistem keamanan yang 24 jam juga tak boleh luput dari perhatian. Keamanan menjadi faktor penting untuk menciptakan ketenangan. Pilihlah hunian dengan sistem keamanan yang baik agar Anda dan keluarga dapat hidup dengan nyaman dan damai.

Sebagai developer tepercaya dengan pengalaman lebih dari 30 tahun, Sinar Mas Land siap membantu Anda dan pasangan menemukan hunian idaman melalui program Infinite Living.

 

Program Infinite Living dari Sinar Mas Land. dok. Sinar Mas Land Program Infinite Living dari Sinar Mas Land.

Lewat program itu, Sinar Mas Land menawarkan berbagai kemudahan dan keuntungan bagi konsumen, seperti diskon hingga 26 persen, subsidi uang muka atau down payment (DP) hingga 20 persen, dan keringanan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Infinite Living berlangsung selama satu tahun yang terbagi dalam tiga periode, yakni 1 Maret - 30 Juni 2024, 1 Juli - 30 September 2024, dan 1 Oktober - 31 Desember 2024.

Beragam pilihan properti tersedia dalam program ini, mulai dari kaveling, rumah, apartemen, kios, hingga ruko. Konsumen dapat memilih hunian yang sesuai dengan kebutuhan dan bujet di berbagai lokasi strategis, seperti BSD City, Taman Banjar Wijaya, The Elements, Southgate, Apartemen Aerium, Kota Wisata, Legenda Wisata, Wisata Bukit Mas, Klaska Residence, Nuvasa Bay, dan Grand City Balikpapan.

Menariknya, konsumen yang mengikuti program Infinite Living juga berkesempatan mendapatkan hadiah langsung berupa 1 Unit Myza Flat-House di BSD City yang akan diundi pada akhir periode pertama.

Anda juga bisa memilih berbagai bank rekanan Sinar Mas Land, seperti BCA, Mandiri, Danamon, CIMB, Permata, OCBC, Maybank, Sinarmas, BNI, BTN, Bukopin, BRI, Mestika, UOB, BSI, Bank Panin, CCB, Bank Woori Saudara, Bank INA, BCA Syariah, dan BJJ untuk melakukan transaksi pembelian.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera temukan hunian impian Anda bersama Sinar Mas Land dan ciptakan sarang cinta yang penuh kebahagiaan dan kenangan indah bersama pasangan. Manfaatkan program Infinite Living untuk menikmati kemudahan dan keuntungan saat pembelian.

Informasi lebih lengkap mengenai program ini dapat diperoleh melalui laman Sinar Mas Land atau nomor telepon 021 53159000.


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com