Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Dunia Berminat Bantu Pembiayaan Perbaikan Jalan Daerah di Tanah Air

Kompas.com - 03/11/2023, 18:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - World Bank (Bank Dunia) tertarik untuk membantu rehabilitasi dan preservasi jalan daerah melalui instrumen loan Program for Results (PforR).

Hal itu tersaji dalam pertemuan bilateral antara Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dengan delegasi dari Bank Dunia yang dipimpin Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timur Leste (Country Director) Satu Kahkonen pada Jumat (03/11/2023).

"World Bank menawarkan instrumen loan Program for Results (PforR) kepada Ditjen Bina Marga dengan tujuan mendukung program Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan aksesibilitas mobilitas, dan konektivitas jalan regional," jelas Satu Kahkonen dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Sementara itu, Basuki menyampaikan, Kementerian PUPR melalui Ditjen Bina Marga sedang melaksanakan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah (IJD).

Tujuannya mempercepat peningkatan konektivitas jalan daerah dengan bantuan dari Pemerintah Pusat untuk memperbaiki jalan daerah yang rusak.

"Diharapkan dengan keterlibatan World Bank dapat membantu percepatan pencapaian target untuk program rehabilitasi lewat Inpres Jalan Daerah," ujar Basuki.

Baca juga: Gandeng Bank Dunia, Pemerintah Bantu 263.520 Rumah Masyarakat lewat NAHP

Di samping itu, Pemerintah Indonesia melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah menginisiasi Inpres air bersih dan sanitasi.

"Inpres Air Bersih dan Sanitasi ini nantinya diprioritaskan untuk menambah akses sambungan rumah (SR)," katanya.

Dia pun berharap Bank Dunia dapat ikut berpartisipasi mendukung pembiayaan pelaksanaan Inpres Air Bersih dan Sanitasi.

"Untuk Inpres Air Bersih dan Sanitasi, kami juga sudah punya data dan peta daerah mana saja yang perlu sambungan rumah (SR)," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com