Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Juli Ini, Proyek Tol Bayung Lencir-Tempino Seksi 3 Kelar

Kompas.com - 23/04/2024, 20:08 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Bayung-Lencir-Tempino Seksi 3 yang merupakan bagian dari Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) ditargetkan selesai dibangun pada Juli 2024.

Saat ini, progres pembangunan jalan tol tersebut telah mencapai 72,71 persen. Bila telah rampung, ruas tol sepanjang 33 kilometer ini akan diresmikan secara parsial.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dalam tinjauannya ke lokasi proyek pada Kamis (18/4/2024) mengatakan bahwa proyek tol ini memiliki kualitas baik.

"Proyek ini rapi dan kualitasnya bagus, pekerjaan yang sedang berjalan bisa dipertahankan dan diawasi betul hingga selesai," ujar Basuki, dikutip dari keterangan resmi.

EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero) Adjib Al Hakim mengatakan, kunjungan Menteri Basuki dilakukan untuk memastikan progres pembangunan sesuai rencana serta mengevaluasi proyek yang berjalan dengan melakukan dialog bersama tim di lapangan.

Selain itu, juga sebagai bentuk dukungan pemerintah untuk menyelesaikan proyek secara tepat waktu dan tepat mutu.

Baca juga: Tiga Seksi Tol Betung-Tempino-Jambi Mulai Dibangun Mei 2024

"Ini merupakan upaya untuk meningkatkan konektivitas maupun mobilitas di wilayah Jambi dan sekitarnya serta diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi regional guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Adjib.

Lanjut Adjib mengatakan bahwa proyek ini dibangun dengan skema atas dukungan konstruksi dari pemerintah lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Jalan tol pertama di Jambi ini akan membuka konektivitas baru bagi dua provinsi yaitu Sumatera Selatan dengan Jambi sehingga dapat melengkapi backbone dari JTTS yang sudah terbentuk," imbuh Adjib.

Sebagai informasi, Hutama Karya telah membangun JTTS sekitar 1.030 kilometer, termasuk jalan tol dukungan konstruksi.

Untuk ruas tol konstruksi ada sepanjang 305,4 kilometer dan ruas tol operasi sepanjang 724,6 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com