Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Drama" Jalan Rusak di Lampung, Mendadak Diperbaiki demi Jokowi meski Tak Ada Perintah Pekerjaan

Kompas.com - 03/05/2023, 08:29 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan bakal melihat kondisi jalan rusak di Lampung pada Rabu (3/5/2023).

Salah satunya di ruas Jalan Simpang Randu-Seputih Surabaya, Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah.

Namun, yang menggelitik, jalan yang sudah rusak menahun dilintasi masyarakat itu mendadak dilakukan perbaikan seiring kedatangan Kepala Negara.

Suratmi (45), salah seorang warga sekitar, mengatakan, kerusakan jalan di lokasi itu sudah terjadi bertahun-tahun lamanya.

Akan tetapi, untuk menyambut kedatangan Presiden Jokowi, perbaikan jalan rusak mulai dilakukan sejak Senin (1/5/2023) sore.

"Katanya Pak Jokowi mau datang ke sini, jadi diperbaiki, ya baguslah," ujar Suratmi, dikutip dari pemberitaan Kompas.com, Selasa (2/5/2023).

Baca juga: Menilik Kondisi Infrastruktur Jalan di Lampung yang Dikritik Bima

Warga lainnya, Budi Rahardjo (35), sebetulnya mengaku senang dengan perbaikan jalan tersebut. Sebab, kondisi jalan itu sudah dianggap tidak layak untuk dilintasi.

Namun, dia berharap perbaikan jalan tersebut tidak hanya dilakukan lantaran rencana kedatangan Presiden Joko Widodo.

"Jangan hanya nunggu Presiden datang, harusnya saat rusak harus segera diperbaiki," tandas Budi.

Di sisi lain, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan tidak memerintahkan perbaikan secara cepat jalan rusak di Lampung demi kedatangan Jokowi.

"Oh enggak, enggak. Belum ada perintah itu. Tapi survei iya, mungkin karena yang mau dikunjungi Pak Presiden. Tapi, pelaksanaannya saya yakin belum ada perintah," jelas Basuki, dilansir dari Antaranews, Selasa (2/5/2023).

Menurut dia, kemungkinan tim dari balai jalan di Lampung hanya melakukan survei untuk jalan yang akan ditinjau Jokowi, bukan melakukan perbaikan.

Lagi pula, belum ada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) untuk perbaikan jalan yang rusak tersebut.

"Enggak mungkin. Dari mana dia uangnya? Kan Inpresnya (Instruksi Presiden) sudah ada kan harus ada DIPA-nya," tegasnya.

Basuki menyampaikan, kunjungan Jokowi ke Lampung dalam rangka meninjau jalan rusak di Lampung yang videonya viral di media sosial (medsos).

Presiden ingin mengetahui apakah kebijakan pemerintah daerah (pemda) sudah benar atau belum dalam mengatasi permasalahan jalan itu.

Langkah Presiden yang ingin mengecek jalan di Lampung itu karena informasi yang viral di media sosial bahwa jalan di wilayah tersebut banyak yang rusak sehingga pembangunan di provinsi tersebut kerap tersendat.

"Gara-gara itu, kalau ada di medsos ramai kita akan cek kebenaran dari policy, kebijakan dari pemerintah daerah dalam penanganan itu," tutur Menteri PUPR itu.

 

Penulis: Kontributor Lampung, Tri Purna Jaya | Editor: Reni Susanti

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com