Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Profil 3 Proyek Pengendali Banjir Citarum yang Diresmikan Jokowi

Kompas.com - 06/03/2023, 14:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan tiga infrastruktur pengendali banjir Sungai Citarum, Minggu (5/3/2023).

Tiga infrastruktur yang dimaksud adalah Floodway Cisangkuy, Kolam Retensi Cieunteung, dan Kolam Retensi Andir.

Dalam meresmikan ketiga infrastruktur tersebut, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

"Sore hari ini kita resmikan kolam retensi untuk mengendalikan banjir. Kita tahu kalau hujan deras dari dulu di Bandung dan sekitarnya pasti banjir. Untuk itu, kita bangun tiga infrastruktur yang kita resmikan yakni, Floodway Cisangkuy, Kolam Retensi Cieunteung, dan Kolam Retensi Andir," tegas Jokowi.

Floodway Cisangkuy, Kolam Retensi Cieunteung, dan Kolam Retensi Andir merupakan bagian dari rencana induk sistem pengendalian banjir Sungai Citarum dari hulu hingga hilir untuk mengurangi kerentanan bencana banjir kawasan Kota/Kabupaten Bandung.

Lantas, seperti apa profilnya?

1. Floodway Cisangkuy

Floodway Cisangkuy merupakan sodetan sepanjang 5,45 kilometer untuk mengurangi beban Sungai Citarum di Dayeuhkolot.

Sodetan Cisangkuyini mengalirkan debit banjir sebesar 230 meter kubik per detik yang semula bermuara Baleendah-Dayeuhkolot menjadi bermuara ke Pameungpeuk (hilir).

Baca juga: Kawasan Kolam Retensi Cieunteung Dilengkapi Jogging Track

Sehingga, mengurangi lama genangan dan luas genangan di daerah Dayeuhkolot, Baleendah, Andir, dan sekitarnya.

Floodway Cisangkuy mulai dibangun pada 2015 dan telah selesai 2020 dengan anggaran sekitar Rp 631 miliar dengan kontraktor PT PP (Persero) Tbk.

2. Kolam Retensi Cieunteung

Kolam Retensi Cieunteung selesai dibangun pada 2018 dengan volume tampung 190.000 meter kubik per detik dan luas genangan 4,7 hektar.

Infrastruktur sumber daya air (SDA) ini mampu mereduksi banjir seluas 91 hektar (sekitar 1.250 bangunan/rumah) serta mengurangi banjir yang kerap menggenangi jalur transportasi antara Banjaran-Baleendah menuju Kota Bandung.

Baca juga: 3 Infrastruktur Pengendali Banjir Sungai Citarum Diresmikan

Kolam Retensi Cieunteung juga dilengkapi sarana olahraga seperti memancing dan lari di jogging track sepanjang 1.357 meter.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com