Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/03/2023, 09:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meresmikan 3 infrastruktur pengendali banjir Sungai Citarum pada Minggu (5/3/2023).

Dilansir dari rilis yang diterima Kompas.com, Senin (6/3/2023), ketiga infrastruktur pengendali banjir tersebut, meliputi Floodway Cisangkuy, Kolam Retensi Cieunteung, dan Kolam Retensi Andir.

Infrastruktur tersebut merupakan bagian dari rencana induk sistem pengendalian banjir Sungai Citarum dari hulu hingga hilir untuk mengurangi kerentanan bencana banjir kawasan Kota/Kabupaten Bandung.

"Sore hari ini kita resmikan kolam retensi untuk mengendalikan banjir. Kita tahu kalau hujan deras dari dulu di Bandung dan sekitarnya pasti banjir. Untuk itu kita bangun 3 infrastruktur yang kita resmikan, yakni Floodway Cisangkuy, Kolam Retensi Cieunteung, dan Kolam Retensi Andir," kata Presiden Jokowi.

Sebagai informasi, Floodway Cisangkuy merupakan sodetan sepanjang 5,45 kilometer untuk mengurangi beban Sungai Citarum di Dayeuhkolot.

Sodetan Cisangkuy akan mengalirkan debit banjir sebesar 230 meter kubik per detik yang semula bermuara Baleendah-Dayeuhkolot menjadi bermuara ke Pameungpeuk (hilir), sehingga mengurangi lama genangan dan luas genangan di daerah Dayeuhkolot, Baleendah, Andir, dan sekitarnya.

Floodway Cisangkuy mulai dibangun pada 2015 dan selesai pada 2020 dengan anggaran sekitar Rp 631 miliar oleh kontraktor PT PP.

Baca juga: Dana Pembebasan Lahan Bendungan Margatiga Tercatat Paling Jumbo Tahun 2022

Sementara Kolam Retensi Cieunteung selesai dibangun pada 2018 dengan volume tampung 190.000 meter kubik dan luas genangan 4,7 hektar yang mampu mereduksi banjir seluas 91 hektar atau sekitar 1.250 bangunan/rumah serta mengurangi banjir yang kerap menggenangi jalur transportasi antara Banjaran-Baleendah menuju Kota Bandung.

Infrastruktur pengendali banjir ini juga dilengkapi sarana olahraga seperti memancing dan jogging track sepanjang 1.357 meter.

Kolam Retensi Cieunteung dilengkapi 4 pompa terdiri dari 1 pompa harian berkapasitas 2 meter kubik per detik dan 3 pompa banjir kapasitas 3,5 meter kubik per detik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com