Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bareng Brantas Abipraya, Hutama Karya Garap Pelebaran Jalan Soreang-Cidaun

Kompas.com - 17/10/2022, 14:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) bersama dengan PT Brantas Abipraya (Persero) dipercaya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam mengerjakan proyek Penanganan Pelebaran dan Perbaikan Geometrik Jalan Soreang-Rancabali-Cidaun di Kabupaten Bandung hingga Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

Proyek tersebut dimulai sejak Juni lalu senilai Rp 228 miliar dan ditargetkan rampung pada tahun 2024.

Dalam mengerjakan proyek tersebut, Hutama Karya mendapatkan porsi 60 persen. Sedangkan Brantas Abipraya sebesar 40 persen.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, proyek pelebaran dan perbaikan jalan berlubang ini ada di beberapa titik.

Pekerjaan utama pada proyek ini meliputi perbaikan aspal serta saluran air dari jalan Soreang hingga Kabupaten Cianjur sepanjang 60,11 kilometer.

Baca juga: Percepat Proyek KSPN Danau Toba, Hutama Karya Gunakan Teknologi BIM

Kemudian, drainase sepanjang 2,55 kilometer, jembatan sepanjang 26,90 meter dan pemeliharaan rutin jalan sepanjang 84,05 kilometer dari Soreang menuju Cidaun, serta jembatan sepanjang 376,3 meter.

Tjahjo menjelaskan, tujuan utama dari pelaksanaan paket preservasi Jalan Soreang-Rancabali-Cidaun ini untuk menjaga kondisi jalan nasional agar tetap layak digunakan.

Lebih dari itu, dapat membuka akses jalan penghubung yang dapat memudahkan masyarakat
menuju ke tempat wisata Ciwidey dan Pantai Selatan.

“Kami mengupayakan percepatan dengan pekerjaan secara efektif seperti menjadwal ulang rencana pengaspalan yang sebelumnya dijadwalkan pada tahun 2023 menjadi lebih awal di akhir tahun 2022,” tutur Tjahjo.

Meskipun pembangunan proyek ini masih dalam kondisi waspada Covid-19, Hutama karya akan melakukan pengawasan khusus.

Ini dilakukan demi mencegah penyebaran virus melalui penerapan protokol kesehatan di lingkungan proyek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com