Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percepat Proyek KSPN Danau Toba, Hutama Karya Gunakan Teknologi BIM

Kompas.com - 14/10/2022, 14:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki Kuartal IV tahun 2022, PT Hutama Karya (Persero) dipercaya oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam membangun proyek baru di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba di Sumatera Utara (Sumut).

Agar sesuai mutu dan target waktu kontrak penyelesaian pada September tahun 2023, perusahaan menggunakan teknologi Building Information Modelling (BIM).

Direktur Operasi II Hutama Karya Gunadi menjelaskan, teknologi tersebut dipakai untuk merancang desain yang optimal.

Baca juga: Rumah Murah di Dekat KSPN Danau Toba, Harga Mulai Rp 130 Juta (II)

“Kami berharap, dengan digarap dan dirampungkannya proyek penataan KSPN Toba nantinya akan meningkatkan target perolehan devisa Indonesia, serta menjadi destinasi pariwisata yang menarik minat wisatawan,” ucap Gunadi sebagaimana dikutip dari siaran pers, Jumat (14/10/2022).

Pengerjaan sarana wisata yang dilakukan perseroan di antaranya Penataan Kawasan Waterfront City Pangururan dan Kawasan Tele KSPN Danau Toba.

Ini meliputi penataan Patung Boraspati Tano & Boru Saniangnaga, Patung Pustaha & Syair Tao Toba, Display Batuan Geologi Toba, Atraksi Seni Air Mancur ”Aek Menari”, Panggung Apung Aek Natio.

Kemudian, Instalasi Seni Musik Aek Margondang, Taman Rohani dan Instalasi Dry Fountain Plaza Rohani, Instalasi Display Galeri Samosir, Instalasi Seni Tradisi Solu Bolon, Instalasi Seni Ukir Totem Batak.

Lalu, Storytelling Signages Pangururan Waterfront, Video Motion Graphics “The Magnificent Toba” untuk Galeri Samosir, Video for Waterscreen Projection, Instalasi Seni Tarombo Batak dan Storytelling Signages Kawasan Tele.

Dalam mengerjaan penataan karya seni ini, Hutama Karya bekerja sama dengan para seniman bertaraf internasional, ahli budaya Batak, dan tenaga supervisi untuk menjamin keakuratan penempatan dan kualitas hasil pemasangan agar baik dan sempurna.

"Proyek KSPN Toba ini senilai Rp 161 Miliar dengan luas lahan penataan kurang lebih 6,4 hektar, serta luas lahan penataan Kawasan Panorama Tele kurang lebih 0,97 hektar,” tutup Gunadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com