Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Jakarta Maraton 2022 Minggu Pagi, Sejumlah Ruas Jalan Ditutup

Kompas.com - 16/10/2022, 05:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal melakukan rekayasa lalu lintas (lalin) pada Minggu (16/10/2022).

Dilansir dari laman resmi Pemprov DKI Jakarta, Sabtu (15/10/2022), rekayasa lalin ini dilaksanakan karena ada pergelaran Jakarta Maraton 2022.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, kegiatan Jakarta Maraton 2022 akan melakukan start dan finish di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta Pusat.

"Agar menjadi perhatian bagi masyarakat yang akan beraktivitas menggunakan motor maupun mobil, diimbau untuk menghindari ruas jalan yang akan dilewati para peserta Jakarta Maraton 2022 dengan memerhatikan pengalihan arus lalin yang telah disediakan," ujar Syafrin.

Lebih lanjut Syafrin mengatakan, penutupan arus lalin juga dilakukan dari arah FX menuju Traffic Light Senayan. Berikut beberapa arus lalin yang dialihkan:

Baca juga: Pemprov Sumut Alokasi Rp 170 Miliar untuk Infrastruktur Jalan di Palas

  1. Arus lalin dari Senayan City di Jalan Asia Afrika yang akan menuju ke arah Slipi dialihkan melalui Jalan Patal Senayan-Jalan Patal Senayan I-Jalan Patal Senayan Simprug-Jalan Permata Hijau- Jalan Tentara Pelajar,
  2. Arus lalin dari Jalan Palmerah Timur yang akan menuju Jalan Gelora dialihkan melalui Jalan Tentara Pelajar,
  3. Arus lalin dari arah Slipi yang akan menuju ke Tomang akan dialihkan menuju arah Palmerah atau melalui jalan tol,
  4. Arus lalin keluar off ramp tol (dari arah Tangerang) akan dialihkan menuju ke arah Grogol,
  5. Arus lalin dari arah Gambir/Monas dialihkan menuju Jalan Majapahit-Jalan Suryopranoto,
  6. Arus lalin dari arah Mangga Besar (utara) yang akan menuju ke arah selatan dialihkan melalui Jalan Hayam Wuruk-Jalan Raya Mangga Besar-Jalan Gunung Sahari, dan
  7. Bagi jemaat gereja Katedral parkir dialihkan ke Masjid Istiqlal dan area parkir Lapangan Banteng.

Kendati demikian, masyarakat tetap dapat beraktivitas melalui rute alternatif jalan sebagai berikut:

Baca juga: Hingga 2023, Ada Rekayasa Lalin di Jalan Gajah Mada dan Hayam Wuruk

  1. Rute alternatif lalin dari arah utara menuju selatan melalui Jalan Gunung Sahari-Jalan Kramat Raya-Jalan Salemba Raya-dst. Dan sebaliknya,
  2. Rute alternatif lalin dari arah timur menuju barat melalui Jalan Suryo-Jalan Kapten Tendean-dst. Dan sebaliknya,
  3. Rute alternatif lalin dari arah timur menuju barat melalui Jalan Penjompongan-Jalan Penjernihan-RM Margono Djojohadi Koesoemo-Galunggung-Sultan Agung-dst. Dan sebaliknya,
  4. Rute alternatif lalin dari arah utara ke selatan melalui Jalan Raya Casablanca-Jalan Prof. Dr. Satrio-Jalan KH. Mas Mansyur-Jalan Cideng Barat-dst. Dan sebaliknya,
  5. Rute alternatif lalin dari arah timur menuju barat melalui Jalan Kemanggisan Utama Raya-Jalan Slipi I-Jalan Jatibaru Raya.

"Kami mengimbau kepada para pengguna jalan agar dapat menyesuaikan pengaturan lalin yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalin, mengikuti petunjuk petugas di lapangan, serta tetap mengutamakan keselamatan di jalan," pungkas Syafrin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com