Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemprov Sumut Alokasi Rp 170 Miliar untuk Infrastruktur Jalan di Palas

Kompas.com - 15/10/2022, 09:00 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengalokasikan anggaran Rp 170 miliar untuk memperbaiki jalan sepanjang 30 kilometer.

Ada delapan ruas jalan yang masuk dalam proyek Multi Years Contract (MYC) Pemprov Sumut yaitu: Jalan Sibuhuan-Penyabungan sepanjang 6 kilometer, Binanga-Aek Nabara Tonga sepanjang 2,2 kilometer dan Ujungbatu-batas Riau sepanjang 3,4 kilometer.

Kemudian, Sibuhuan-Ujungbatu sepanjang 3,6 kilometer, Paringgonan-Sibuhuan dengan 1,6 kilometer, Sihaporas (batas Padanglawas Utara) dengan Paringgonan sepanjang 6,3 kilometer, Aeknabaratonga-Sibuhuan sepanjang 4,5 kilometer, Aliaga-Muaratige-batas Riau sepanjang 4,5 kilometer.

Baca juga: Pemda Sumut Diharapkan Aktif Tutup Perlintasan Sebidang Tidak Resmi

Juga akan dilakukan pembangunan tiga box culvert di ruas jalan Sihaporas-Paringgonan. Pembangunan jembatan dan gorong-gorong sepanjang 4 kilometer.

Pelaksana tugas Bupati Padanglawas (Palas) Ahmad Zarnawi Pasaribu mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang mengalokasikan Rp 170 miliar hanya untuk jalan.

"Terima kasih, Pak Gubernur... Jalan yang layak memang sangat kami butuhkan..." kata Zarnawi di acara pertemuan gubernur dengan camat, kepala desa, guru dan OPD di Gedung Serbaguna Palas, Jumat (14/10/2022).

Perbaikan jalan, jawab Edy, akan berdampak besar pada perekonomian daerah. Dirinya meminta dukungan semua pihak agar proyek perbaikan infrastruktur berjalan lancar.

"Kita ingin masyarakat bisa menikmati jalan yang layak, mengurangi cost distribusi barang dan jasa, meningkatkan perekonomian kita. Makanya harus sama-sama kita dukung," kata Edy yang datang bersama istrinya, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Sumut Nawal Lubis.


Edy juga memotivasi kepala desa untuk memaksimalkan dana desa. Meminta lebih kreatif dan inovatif membimbing masyarakatnya untuk maju.

Dia pun mengajak kepala desa untuk memaksimalkan dan melakukan efektivitas anggaran setiap tahun.

"Kalau kalian bikin mantap desa kalian, datang aku ke sana, saya tambahi uang kalian! Tak perlu berebut ke kota, tapi harus ada kehidupan lebih baik di desa. Camat juga harus ikut, bantu desa-desanya," katanya sembari menunjukkan video desa-desa maju di Jawa. Akhir acara, Edy memberi bantuan berupa sembako, alat pertanian, paket kesehatan dan alat kesehatan untuk Puskesmas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com