Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga 2023, Ada Rekayasa Lalin di Jalan Gajah Mada dan Hayam Wuruk

Kompas.com - 14/10/2022, 15:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada rekayasa lalu lintas (lalin) di Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk Jakarta pada 14 Oktober 2022-28 Februari 2023.

Dilansir dari laman resmi Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, Jumat (14/10/2022), rekayasa lalin tersebut dilaksanakan karena adanya pekerjaan konstruksi CP202 MRT Jakarta.

Kegiatan rekayasa lalin ini telah dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, Dirlantas Polda Metro Jaya, dan PT Transportasi Jakarta (Transjakarta).

MRT Jakarta dan Shimizu-Adhi Karya Joint Venture (SAJV) selaku kontraktor pelaksana mengatakan akan memastikan kenyamanan dan keselamatan para pengguna jalan selama konstruksi berlangsung.

Hal tersebut dilakukan dengan memasang rambu lalin, marka jalan dan lampu penerangan jalan umum (PJU).

Baca juga: Ditarget Kelar Akhir Oktober, Ini Progres Skywalk MRT Lebak Bulus

Berikut merupakan rinciannya:

  1. Pagar proyek di Jalan Gajah Mada tepatnya di depan Gedung Duta Merlin, CIMB Niaga, Gajah Mada Plaza, Telesindo, dan Bank Jasa Jakarta akan dibongkar.
  2. Area pekerjaan di depan Grand Paragon akan bergeser ke tengah Jalan Gajah Mada. Sedangkan pagar proyek lainnya tetap sama dengan kondisi eksisting karena pekerjaan masih berjalan.
  3. Mulai dari simpang Harmoni sampai simpang Jalan KH. Hasyim Ashari, arus lalu lintas terdiri dari 2 lajur reguler dan 2 lajur Transjakarta.
  4. Dari simpang Jalan KH Hasyim Ashari hingga simpang Mangga Besar, lalu lintas terdiri dari 2 lajur kendaraan reguler dan 1 lajur mixed traffic antara lajur kendaraan reguler dan lajur TransJakarta.
  5. Bagi pengguna Jalan Gajah Mada yang ingin berputar balik menuju Jalan Hayam Wuruk di perempatan Sawah Besar dan di persimpangan Mangga Besar agar dapat mengambil jalur paling kanan.

Baca juga: Siap-siap, Sulsel Bakal Punya MRT Lho

Sementara itu, secara bertahap parkir di badan Jalan Gajah Mada dan Jalan Hayam Wuruk akan dihapus dan dialihkan ke area khusus parkir di Harmoni Exchange, Bank Ganesha, Gajah Mada Plaza, Hayam Wuruk Plaza, dan Grand Paragon Mall.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com