Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukungan Pemerintah Jepang di Balik Proyek MRT Jakarta

Kompas.com - 08/05/2024, 07:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Jepang telah menunjukkan dukungannya terhadap proyek transportasi umum modern di Indonesia, MRT Jakarta.

Dukungan diberikan mulai dari pengembangan MRT Jakarta Fase 1 Lebak Bulus-Bundaran HI yang saat ini telah digunakan oleh ratusan ribu masyarakat setiap hari.

Berdasarkan data PT MRT Jakarta (Perseroda), Pemerintah Jepang memberikan dukungan berupa dana pinjaman sekitar Rp 16 triliun untuk proyek tersebut.

Tak berhenti di situ, Pemerintah Jepang kembali memberikan dukungannya kepada MRT Jakarta lewat proyek Fase 2A yang bakal menghubungkan Stasiun Bundaran HI-Stasiun Kota lewat tujuh stasiun.

Pada fase ini, Pemerintah Jepang menggelontorkan dana pinjaman sebesar Rp 25,3 triliun lewat kerja sama dengan Pemerintah Indonesia.

Adapun tujuh stasiun yang masuk dalam Fase 2A dengan total panjang 5,8 kilometer, meliputi Stasiun Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota.

Baca juga: MRT Jakarta Gaet SMI, Garap Proyek Mixed Use di Dekat Stasiun Blok M dan ASEAN

Fase 2A MRT Jakarta terbagi menjadi dua segmen, yaitu segmen satu Bundaran HI-Harmoni yang ditargetkan selesai pada 2027 dan segmen dua Harmoni-Kota yang ditargetkan selesai pada 2029.

Selain itu, juga tengah direncanakan pembangunan MRT Jakarta Fase 2B dengan rute dari Kota sampai Depo Ancol Barat. Progresnya saat ini masih dalam tahap studi kelayakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com