Kompas.com - 06/10/2022, 19:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bakal memiliki transportasi publik berupa Moda Raya Terpadu (MRT).

Hal itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara PT MRT Jakarta (Perseroda) dan PT Mammanisata Raja Transportasi pada Rabu (05/10/2022).

Terkait Penjajakan Kerja Sama Pelaksanaan Jasa Konsultasi Pengembangan Moda Raya Terpadu Sulawesi Selatan.

Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Mohamad Aprindy menyampaikan, selalu siap dan membuka lebar-lebar pintu kerja kolaborasi dengan daerah lain di Indonesia yang ingin membangun sistem transportasi massal.

Baca juga: Sejarah Panjang MRT Jakarta, Diinisiasi Habibie dan Dibangun Pasangan Jokowi-Ahok

Adapun tentang kerja sama ini, kedua belah pihak akan melakukan penyusunan kerangka kerja sama terkait jasa konsultasi mengenai penyelenggaraan MRT di Sulsel.

"Termasuk pendampingan, bimbingan, dan/atau pelatihan pada tahap perencanaan, pembangunan, pengawasan proyek, pengoperasian, pemeliharaan, pengusahaan dan pengembangan bisnis," ujar Aprindy dikutip dari laman resmi PT MRT Jakarta.

Rencananya, kerja sama ini akan berlangsung selama satu tahun ke depan.

Baca juga: Tingkatkan Pendapatan, LRT Palembang Ajak MRT Jakarta Berkolaborasi

Secara teknis, PT MRT Jakarta akan membantu menyiapkan studi kelayakan (feasibility study) dan basic engineering design pembangunan MRT di Sulsel.

Pengalaman membangun sistem transportasi perkeretapiaan perkotaan di Jakarta akan menjadi pembelajaran baik bagi daerah lain di Indonesia yang ingin mengembangkan sistem transportasi massalnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.